Penyakit Herpes Dan Pengobatannya

DokterSehat.Com – Herpes termasuk dalam salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen.

7

Penyakit herpes kulit sendiri dapat diartikan sebagai radang kulit yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung secara berkelompok. Gelembung-gelembung tersebut biasanya berisi air dan dapat menular jika terjadi persentuhan dengan objek lain. Sehingga penyakit herpes termasuk dalam salah satu kategori penyakit menular.

Ada dua jenis penyakit herpes yakni herpes zoster yakni penyakit yang menyerang pada kulit dan herpes genitalis yakni penyakit herpes sebagai salah satu penyakit kelamin. Sedangkan yang akan kita bahan kali ini adalah penyakit herpes pada kulit dan penyebab penyakit herpes tersebut.

Penyebab

Penyebab penyakit herpes  kulit ini adalah virus yang ditularkan oleh virus varicella-zoster berawal dari penyakit cacar air, ketika seseorang terserang penyakit cacar air maka virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat saraf posterior.

Ketika daya imnunitas seseorang sedang menurun maka virus tersebut akan aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus akan memperbanyak diri dan membentuk bintik-bintik kecil berwarna merah dan menggelembung berisi cairan pada daerah kulit yang dilalui oleh virus tersebut.

Penyakit kulit ini biasanya sering terjadi pada orang lanjut usia dan penderita imunosupresif atau seseorang dengan sistem imun lemah sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penyebab penyakit herpes pada kulit adalah kurangnya asupan nutrisi untuk meningkatkan daya imunitas tubuh.

Gejala awal yang biasa ditunjukkan oleh penderita penyakit herpes antara lain adalah diawali dengan demam tinggi yang kemudian akan menunjukkan gejala lainnya setelah 8 hari.

Baca Juga:  Makanan Diet Sehat Alami

Gejala yang ditunjukkan berikutnya adalah kulit terasa terbakar dan menjadi lebih sensitive selama kurang lebih beberapa minggu, rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena virus herpes, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang sakit tersebut hingga akhirnya menjadi gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok, sesak nafas dan gatal-gatal.

Jika anda mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas, maka segera lakukan pengobatan untuk mencegah penyakit tersebut menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit herpes termasuk dalam penyakit menular dengan cara penularan yang sangat mudah dan cepat. Penyakit ini dapat menular melalui berbagai media seperti semua barang yang sudah tersentuh oleh cairan gelembung penderita herpes, kontak langsung atau bersentuhan dengan kulit penderita herpes serta penggunaan pakaian yang sama dengan penderita herpes yang sudah terkena pecahan cairan gelembung. Sehingga melihat dari cara penularan yang sangat mudah tersebut maka sudah barang tentu harus segera dilakukan pengobatan.

Pengobatan herpes

Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes antara lein seperti asyclovir, valasiklovir, famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobatii segala jenis penyakit yang berasal dari virus. Jadi jangan selalu berasumsi semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik justru akan sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut. Sama halnya dengan pilek, pilek atau flu merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi pemberian antibiotik sebenarnya kurang begitu berarti untuk sakit pilek.