Penyakit Fisik Dan Mental Yang Disebabkan Stres Berkepanjangan

DokterSehat.Com – Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

15

Hampir semua orang sudah tahu hal itu. Namun mungkin banyak yang belum tahu kondisi kesehatan apa yang akan terganggu apabila stres dibiarkan berkepanjangan.

Berikut berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat stress akut :

  • Sering sakit
    Jika Anda terus-terusan mudah sakit, ada kemungkinan stres yang jadi penyebabnya. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian untuk melihat adanya hubungan antara stres akut dan tingkat daya tahan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh bisa memengaruhi kemampuan kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas sel darah putih. Terganggunya aktivitas ini di dalam sel tubuh, berakibat menurunnya daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.
  • Penyakit jantung
    Sebuah penelitian di Belanda yang memeriksa level hormon cortisol pada orang tua menemukan, stres secara signifikan meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti tersumbatnya pembuluh darah atau jantung.
  • Obesitas
    Penderita stres kronis cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat untuk mengalihkan pikiran negatif. Mereka bahkan makan banyak ketika perut sama sekali tidak merasa lapar. Terlalu banyak makan junk food, camilan tinggi garam dan gula atau minuman berpengawet dan berperisa buatan secara terus menerus dalam waktu lama bisa mengakibatkan berat badan berlebih atau obesitas. Belum lagi penyakit-penyakit serius yang akan datang akibat pola makan tidak sehat.
  • Depresi
    Stres, apabila tak segera diatasi bisa berkembang menjadi depresi. Terlalu fokus pada masalah hidup sampai lupa bersantai, relaks atau liburan bisa membuat seseorang merasa sedih dan gelisah terus menerus. Lama kelamaan, depresi bisa memperparah penurunan kondisi tubuh secara fisik (entah kurang makan atau makan berlebihan), gangguan kesehatan mental akut bahkan kematian.
  • Terganggunya siklus haid
    Apabila akhir-akhir ini siklus haid Anda tidak teratur bahkan mengalami kondisi ekstrem (tidak haid berbulan-bulan atau keluar darah mens lebih dari dua minggu), bisa jadi penyebabnya bukan hanya ketidakseimbangan hormon. Tapi juga karena stres berkepanjangan. Ada baiknya memeriksakan diri ginekolog apabila kondisinya tak kunjung normal.
Baca Juga:  Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil, Amankah?

Stres bisa diatasi dengan obat antidepresan (dengan konsultasi dan resep dokter) atau bisa dicoba dengan melakukan hal-hal sederhana ini.