Penyakit Endoftalmitis Pada Mata

DokterSehat.Com – Endoftalmitis merupakan peradangan berat dalam bola mata yang biasa disebabkan oleh infeksi. Terdapat 2 tipe endoftalmitis, endogen dan eksogen. Endoftalmitis endogen diakibatkan penyebaran bakteri dari tempat lain di tubuh kita melalui aliran darah. Endoftalmitis eksogen dapat terjadi akibat trauma tembus atau infeksi pada tindakan pembedahan yang membuka bola mata. Endoftalmitis endogen sangat jarang, hanya 2-15% dari seluruh endoftalmitis.



Penyebab

Ada beberapa penyebab dari penyakit ini. Berikut beberapa penyebab terjadinya penyakit mata endoftalmatis :

• Disebabkan oleh trauma tembus atau efek dari pembedahan yang pernah terjadi pada bola mata.

• Terjadi infeksi akibat alat-alat pembedahan mata.

• Dapat juga disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang masuk dari tempat lain area tubuh kita melalui aliran darah atau masuk secara langsung pada luka dibola mata.

• Jamur yang tumbuh didalam bola mata.

Gejala

Peradangan yang disebabkan bakteri akan memberikan gambaran klinik rasa sakit yang sangat, kelopak merah dan bengkak, kelopak sukar dibuka, konjungtiva kemotik dan merah, kornea keruh, bilik mata depan keruh. Selain itu akan terjadi penurunan tajam penglihatan dan fotofobia (takut cahaya). Endoftalmitis akibat pembedahan biasa terjadi setelah 24 jam dan penglihatan akan semakin memburuk dengan berlalunya waktu. Bila sudah memburuk, akan terbentuk hipopion, yaitu kantung berisi cairan putih, di depan iris.

Pengobatan

Mengingat endoftalmitis merupakan penyekit yang berbahaya dan darurat. Penanganan dan pengobatan yang tepat dan cepat harus diberikan. Karena apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah yang makin parah, bahkan bisa menyebebkan kehilangan bola mata dan kebutaan permanen. Pengobatan pada penyakit ini ditentukan pada faktor penyebabnya.

Bila penyakit mata ini disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan infeksi langkah yang paling efektif adalah dengan memberikan obat antibiotik untuk mata. Bisa berbentuk tetes tetes, pel oral, atau lewat intra vena. Bisa juga pengobatan dengan memberikan suntikan antibiotik secara langsung pada mata. Ini cara paling bagus, karena obat langsung dapat mencapai titik luka. Akan tetapi ini harus dilakukan oleh saran dokter dan dilakukan oleh dokter yang sudah profesional, karena sangat berbahaya apabila terjadi kesalahan.

Baca Juga:  Awas, Pandangan Kabur Bisa Jadi Terkena Melanoma Okular!

Dan apabila disebabkan oleh adanya jamur, maka langkah yang harus dilakukan adalah memberikan obat atau senyawa anti jamur untuk mata. Senyawa anti jamur antara lain seperti amphoterichin B dan fluconazol. Untuk ampeoterichin B adalah obat yang disuntikan langsung pada mata. Sekali lagi bahwa ini hanya boleh dilakukan oleh saran dokter dan hanya boleh dilakukan oleh dokter yang sudah profesional karena kesalahan kecil saja akibatnya sangat fatal. Untuk fluconazol adalah obat oral atau diminum langsung.

Kedua cara diatas untuk penyakit endoftalmitis yang masih baru atau belum terlalu parah. Akan tetapi jika penyakit ini sudah parah atau akut, ditandai dengan infeksi pada mata yang sudah menyebar keseluruh bagian mata. Maka metode yang paling tepat adalah melakukan oprasi atau pembedahan (vitrectomy) yang bertujuan untuk pengambilan cairan dan juga nanah atau kotoran lainya yang menumpuk pada bola mata.