Penyakit Chancroid Dan Cara Pencegahannya

DokterSehat.Com – Chancroid (ulkus mole) adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Gram-negatif streptobacillus Haemophilus ducreyi. Bakteri jenis ini menyebabkan penyakit kelamin wanita yang dikenal dengan nama chancroid. Infeksi bakteri penyebab chancroid ini hanya terjadi melalui kontak seksual.

5950870300_f4c941e08e_b

Gejala chancroid akan muncul dalam rentang waktu 1 hari sampai 2 minggu setelah terinfeksi oleh bakteri Haemophilus Ducreyi. Gejala yang muncul pada penyakit kelamin wanita ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada alat kelamin. Kemudian, benjolan akan berubah menjadi ulkus atau luka dalam satu hari kemunculannya. Ulkus dapat dikenali jika :

• Berukuran sekitar 1/8 sampai 2 inci.

• Lunak dan menyakitkan.

• Dasarnya tertutup oleh luka berwarna abu-abu atau kekuningan.

Pada penderita wanita, ulkus atau luka ini biasanya muncul dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan pria, yakni 4 atau lebih ulkus.

Infeksi bakteri Haemophilus Ducreyi yang menjadi penyebab penyakit chachroid ini bisa disembuhkan dengan antibiotik tertentu, seperti azitromisin, ceftriaxone, ciprofloxacin, dan eritromisin.

Karena, penyakit kelamin wanita jenis chancroid ini adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Maka, satu-satunya upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari segala bentuk aktivitas seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

BACA JUGA : Anak Pendek Yang Kurang Gizi Lebih Rentan Sakit