Penyakit Campak, Penyakit Yang Ditandai Sistem Imun Tubuh

DokterSehat.Com – Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini akan memunculkan ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Campak bisa sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejala campak yang biasanya muncul adalah :



  • Mata merah.
  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
  • Gejala menyerupai pilek seperti radang tenggorokan, hidung beringus atau tersumbat.
  • Mengalami demam.
  • Bercak putih keabu-abuan pada mulut dan tenggorokan.

Bercak atau ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala,  kemudian ke leher. Pada akhirnya ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat jika mencurigai anak Anda menderita campak. Diagnosis campak bisa dilakukan dengan melihat gejala-gejala yang muncul. Tapi untuk memastikan diagnosis campak, sampel air liur diambil untuk tes.

Penyakit ini disebut juga rubeola atau campak merah. Telah tersedia vaksin untuk mencegah penyakit ini. Vaksin untuk campak termasuk dalam bagian dari vaksin MMR (campak, gondongan, campak Jerman).

Penyebaran virus campak

Bagi penderita campak, virus campak ada di dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat mereka bersin dan batuk. Virus campak akan menulari siapa pun yang menghirup percikan cairan ini.

Virus campak bisa bertahan di permukaan selama beberapa jam, akibatnya, virus ini bisa bertahan menempel pada benda-benda. Saat kita menyentuh benda yang sudah terkena percikan virus campak, lalu menempelkan tangan ke hidung atau mulut, kita bisa ikut terinfeksi.

Campak lebih sering menimpa anak-anak berusia di bawah lima tahun. Tapi pada dasarnya semua orang bisa terinfeksi virus ini, terutama yang belum pernah terkena campak atau yang belum mendapat vaksinasi campak.

Baca Juga:  Kebanyakan Konsumsi Keju Memicu Impotensi

Pengobatan

Pengobatan untuk penyakit campak pada orang dewasa, anak-anak, dan bayi saat ini telah banyak tersedia untuk dapat menyembuhkannya dengan cepat. Obat seperti salep atau berupa tablet antibody telah banyak dijual dan diserepkan oleh para dokter dan apoteker. Namun, pernahkah mengetahui bahwa sebenarnya pengobatan penyakit ini dapat begitu mudah dilakukan tanpa harus mengonsumsi obat?

Penyakit campak pada anak ataupun bayi dapat dihilangkan dengan cara tradisional, salah satunya adalah memandikan mereka dengan air hangat yang telah diberi remasan daun jarak yang banyak ditemui di sekitar. Cara ini lebih baik karena kulit pada anak anak lebih sensitif sehingga akan lebih aman jika menggunakan cara alami. Selain itu, cara ini bekerja lebih cepat daripada penggunaan obat-obatan baik yang berupa salep atau tablet. Karena kandungan zat yang berada pada daun jarak akan mengeringka luka campak dengan cepat dan akhirnya menjadi sembuh.