Gejala dan Pencegahan Bintitan

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat mengganggu adalah penyakit bintitan. Bagaimana tidak, bintitan yang merupakan bisul atau jerawat yang tumbuh di kelopak mata ini cenderung memalukan alih-alih memberikan rasa sakit atau gangguan penglihatan. Bintitan sendiri seringkali hanya terjadi pada salah satu kelopak mata saja. Biasanya, bisul atau jerawat yang tumbuh pada kelopak mata akan tumbuh di bagian luar dari kelopak mata, namun, dalam beberapa kasus, bisul tersebut justru bisa muncul ke bagian dalam, maka penyakit ini bisa memberikan rasa sakit.

doktersehat-anak

Sebelum muncul bisul atau semacam jerawat di kelopak mata, penyakit bintitan memiliki beberapa gejala layaknya ada rasa nyeri dan pembengkakan pada kelopak mata. Disamping itu, pada ujung mata biasanya akan muncul banyak sekali kotoran. Mata juga cenderung sangat berair dan memerah dan pada akhirnya muncullah benjolan layaknya bisul pada kelopak mata. Penyakit bintitan adalah adanya bakteri stafilokus yang memang mudah ditemukan di kulit manusia. Bakteri ini terbawa ke mata saat tangan yang kotor dipakai untuk menggosok mata dan kemudian menyebabkan penyakit bintitan. Disamping bakteri tersebut, adanya infeksi pada kelenjar di sekitar mata baik itu kelenjar minyak atau kelenjar keringat dan juga di area akar bulu mata bisa menjadi penyebab bintitan.

Setelah bintitan muncul di kelompak mata, maka mau tak mau kita harus menunggu hingga seminggu atau tiga minggu hingga bintitan pecah dan mengeluarkan nanah pertanda bintitan sembuh dengan sendirinya. Jangan pernah mencoba untuk memecahkan bintitan tersebut karena justru akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit di sekitar mata. Andai anda merasa tidak nyaman, anda bisa mengompres bintitan setidaknya tiga kali sehari dengan air hangat.

Baca Juga:  Tips Menghindari Berbagai Macam Penyakit Kulit

Agar anda terbebas dari resiko terkena penyakit bintitan, satu hal yang harus anda ingat adalah jangan terlalu sering menggosok mata yang bisa membuat mata terkena iritasi dan memindahkan bakteri penyebab bintitan ke area mata. Andai anda ingin menyentuh area mata, pastikan bahwa tangan telah dicuci dengan bersih dengan sabun. Perhatikan pula kosmetik dan lensa kontak yang anda pakai dan pastikan anda memakai yang bersih dan aman dari berbagai bahan kimia berbahaya.