Penyakit Berbahaya Yang Sering Menyerang Wanita

Dokter Sehat – Ada beberapa orang peneliti yang telah melakukan penelitian bahwa ada beberapa penyakit yang sering dan kerap menghantui perempuan, hal ini dikarenakan ada perbedaan antara laki – laki dan perempuan dalam hal hormon, komposisi tubuh dan beberapa perbedaan lainnya. Perubahan gaya hidup adalah sumber dari penyebab melemahnya daya tahan tubuh pada wanita sekarang seperti kurangnya istirahat, suka makan makanan yang sembarangan serta kesibukan lainnya yang mengganggu kesehatan.



Penyakit berbahaya yang sering menyerang wanita :

1.Kanker rahim atau ovarium
Penyakit ini merupakan urutan kelima dari jenis kanker yang selalu dialami perempuan, gejalanya kembung, nyeri perut, gangguan pencernaan yang parah, mual, muntah dan siklus haid tidak rutin. Mendiagnosa kanker ovarium tidak gampang, akan tetapi apabila merasakan pendarahan yang tidak biasa, nyeri pada saat berkencing atau melakukan hubungan intim, dan nyeri panggul sebaiknya periksalah diri Anda untuk melihat kejelasan penyebabnya.

2.Penyakit jantung
Di antara penyakit yang selalu menimpa kaum perempuan, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu diantara mereka. Perempuan tidak lepas dari penyakit ini dikarenakan oleh banyak hal, contohnya adalah kelebihan lemak di sekitar perut, diabetes, hipertensi, stres, depresi, sampai kolesterol yang tinggi.

3.Lupus
Gejala umumnya dari lupus adalah nyeri otot, nyeri sendi, ruam kulit, perasaan sangat letih, rambut rontok, demam, dan sensitif terhadap cahaya. Sampai saat ini belum diketahui penyebabnya lupus secara jelas, gejalanya pun bervariasi pada setiap penderitanya.

4.Radang panggul
Penyakit ini berpengaruh pada rahim, saluran telur, indung telur, dan leher rahim. Dan, penyakit tersebut bisa berkembang menjadi penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Penyebabnya adalah bakteri, apabila diketahui lebih awal, penanganan dengan makan obat antibiotik mungkin bisa secepatnya teratasi. Cuma saja seringkali penyakit ini tidak menonjolkan gejala dan diketahui sudah dalam keadaan terlambat, sementara pada keadaan parah bisa menyebabkan kemandulan.

Baca Juga:  Bipolar Bisa Dicegah Dengan Pola Pengasuhan Anak yang Benar

5.Fibromyalgia
Penyakit ini juga umum menyerang perempuan, penderitanya bisa mengalami sakit pada tubuh yang penyebabnya kurang diketahui. Gejalanya adalah nyeri yang meluas pada 11 dari 18 bagian tubuh, beberapa contohnya adalah nyeri di siku, dada, lutut, leher, punggung bawah, bahu, dan paha. Biasanya pada saat terjangkit penyakit ini, penderita bisa mengalami kecapean, sulit tidur, sakit kepala, depresi, sampai rasa cemas. Nyeri yang dirasakan bisa menetap hingga tiga bulan lebih.

6.Polymyositis
Nama penyakit ini mungkin jarang terdengar, penderitanya mengalami radang otot yang lumayan langka. Akibatnya penderita mengalami kelemahan, nyeri, pembengkakan dan kerusakan jaringan otot. Dan, penyakit tersebut lebih umum dialami oleh perempuan.