Penyakit Asma Dan Pengobatannya

DokterSehat.Com – Asma adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh peningkatan respon dari saluran napas, terhadap bermacam-macam rangsangan yang di tandai dengan penyempitan saluran napas di sertai keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran napas, sehingga menimbulkan gejala batuk, mengi, bengek dan sesak. Penyempitan saluran napas dapat sembuh dan kembali seperti semula secara spontan dengan atau tanpa obat.

8

Mudahnya, kalo kita batuk atau sesak napas berulang dengan penyebab yang sama, atau di waktu yang sama, atau situasi yang sama, dan hilang timbul dengan menggunakan obat atau tidak, maka kita sebut sebagai asma.

Kita jangan merasa terganggu dengan istilah asma. Sebab kalau anak kita yang bertahun-tahun batuk berulang kita sebut sebagai batuk kronis atau bronchitis maka penangangannya jadi salah. Bila asma di sebut bronkhitis, pengobatan utamanya adalah antibiotic, padahal asma tidak butuh antibiotik. Antibiotik baik untuk membasmi bakteri pada bronkhitis, tapi tidak ada manfaatnya terhadap asma.

Menurut Medis Asma tidak dapat sembuh total, tapi bisa di kontrol. Dengan demikian maka penderita asma tidak akan menunjukkan gejala, mampu bekerja atau bermain tanpa terbatasi. Penggunaan obatpun dapat di minimalisir, tidak pernah serangan berat, dan tidak ada kelainan.

Penyebab

Timbulnya gejala asma seperti batuk, sesak napas dapat di sebabkan oleh faktor-faktor yang tidak spesifik, seperti udara dingin, polusi, perubahan tekanan udara, faktor psikis dan kelelahan.

Apapun penyebabnya dasar munculnya gejala adalah menyempitnya saluran nafas (bronchus), pembengkakan permukaan saluran nafas (edema bronchus) dan berlebihannya produksi lendir (hipersekresi).

Gejala

Gejala asma adalah sesak napas dan batuk yang berulang. Untuk mengetahui berat ringannya serangan asma, penting juga untuk memperhatikan seberapa sering, lama dan seberapa hebatnya serangan. Dan seberapa lama anak bebas serangan.

Baca Juga:  Seputar Masuk Angin dan Kerokan

Sedangkan untuk mengetahui penyebabnya, perhatikan waktu atau kegiatan anak sebelum mendapat serangan. Pikirkan, misalnya udara, rokok, makanan / minuman, debu, kegiatan fisik, infeksi, obat-obatan dan lain sebagainya. Perlu juga di buat catatan, sehingga kita mendapat gambaran jelas tentang penyebabnya. Di dalam keluarga, biasanya mempunyai riwayat asma atau alergi.

Pengobatan

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk meringankan serangan asma. Penggunaan obat untuk asma harus dilakukan dibawah pengawasan dokter. Biasanya, penderita asma akan diberi dua macam obat asma :

  • Obat pengendali
    Obat ini untuk pengendalian jangka panjang asma secara terus menerus. Obat ini mengurangi pembengkakan di paru-paru nyang menyebabkan serangan asma. Obat jenis ini dikonsumsi tiap hari, walaupun sedang tidak ada serangan asma.
  • Obat penyelamat
    Obat ini untuk pengendalian jangka pendek asma. Obat ini dikonsumsi jika mengalami serangan asma.