Waspada Ini Ciri-Ciri Penderita Anoreksia

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang terobsesi mendapatkan bentuk tubuh yang ramping dan tidak ingin melihat dirinya menggemuk sedikitpun. Dengan tubuh yang ramping, kita tentu bisa mendapatkan rasa percaya diri yang cukup tinggi. Sayangnya, obsesi mendapatkan tubuh yang ramping justru bisa menyebabkan masalah yang disebut sebagai anoreksia. Anoreksia sendiri sering disebut sebagai penyakit psikologis dimana penderitanya cenderung akan melakukan segala cara agar tubuhnya dalam kondisi yang ideal. Yang menjadi masalah adalah, penderita anoreksia memiliki obsesi yang berlebihan dan bahkan akan terus merasa tubuhnya kurang ideal meskipun badannya sudah sangat kurus.

doktersehat-bulimia-nervosa

Banyak penderita anoreksia yang berasal dari remaja berusia tujuh belas tahun an. Masa ini memang dianggap sebagai masa peralihan dari remaja ke dewasa sehingga anak muda sebisa mungkin menjaga bentuk tubuhnya. Disamping mengurangi pola makan, penderita anoreksia sebisa mungkin memuntahkan lagi makanan yang dimakannya karena begitu ketakutan makanan tersebut bisa menjadi pemicu menggemuknya badan. Satu hal yang pasti, penyakit psikologi ini bisa disebabkan oleh masalah genetika atau bahkan karena faktor lingkungan sekitar.

Penderita anoreksia sendiri sangat mudah dikenali dengan bentuk tubuhnya yang cenderung sangat kurus namun selalu tidak puas dengan bentuk tubuhnya. Disamping memiliki hobi menimbang berat badan dan memperhatikan bentuk tubuhnya, penderita anoreksia bisa sangat jarang makan, memuntahkan makanan yang sudah dimakan, dan bahkan memakan benda apapun yang bisa mengganjal rasa lapar layaknya kapas atau tisu asalkan tidak akan membuat badan menjadi gemuk. Dengan asupan nutrisi yang sangat minim, tubuh penderita anoreksia pun akan kekurangan gizi, mudah kelelahan, dehidrasi, dan mendapati tubuhnya semakin kurus dan kering.

Mengobati anoreksia adalah hal yang sulit mengingat obsesi ini bisa sudah sangat menguasai pikiran penderitanya. Pendekatan yang halus bisa dilakukan oleh keluarga terdekat atau kawan terdekat agar penderita anoreksia mau melakukan pengobatan medis dan melakukan pola makan dengan benar. Kesabaran menjadi kunci bagi keluarga dan kawan terdekat untuk mengobati penderita anoreksia. Dengan dukungan penuh, penderita anoreksia bisa kembali menjadi manusia normal yang mau memakan banyak asupan gizi dengan baik sehingga tubuhnya pun selalu dalam kondisi sehat.

Baca Juga:  Alasan Menikah Yang Salah