Penyakit Anak Yang Harus Diwaspadai

Dokter Sehat – Anda mungkin tak mengetahui apa yang sedang terjadi diluaran sana, ketika teman sekolah si Upik ternyata menderita ruam (entah mengapa), dipulangkan karena menderita flu berat, atau beberapa teman dekatnya menderita sakit mata. Lantas, kapan sebaiknya orangtua harus peduli? Apa yang dapat dilakukan?
Berikut panduan penyakit umum anak-anak yang patut Anda waspadai, baik itu penyakit menular maupun tidak menular.

5

Penyakit anak yang perlu diwaspadai :

1.Batuk dan pilek
Batuk dan pilek adalah satu kesatuan yang seringkali menyerang manusia dari bayi hingga dewasa, namun bayi sangat rentan terhadap batuk dan pilek, dengan gejala hidung tersumbat, kepala pusing, hidup mbeler, tenggorokan gatal dan bersin-bersin. Batuk dan pilek bisa terjadi pada bayi karena alergi terhadap debu ataupun polusi udara yang kotor, penularan kedua penyakit ini bisa terjadi melalui cipratan ludan dengan ukuran yang sangat kecil ketika orang lain disekitarnya tengah terjangkit batuk dan pilek.

Cuaca yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab batuk pilek terhadap anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika anak mengalami batuk pilek, karena kedua penyakit ini juga berperan penting dalam membersihkan saluran pernafasan. Melalui batuk dan pilek maka kotoran berupa lendir dan semacamnya yang ada di saluran pernafasan akan terbuang bersama batuk dan pilek. Jika batuk dan pilek berkelanjutan alam waktu yang lama, bawalah buah hati Anda berobat ke dokter anak agar obat yang diberikan sesuai denga usia anak.

2.Penyakit mata
Penyakit mata adalah penyakit yang mudah untuk menular, hal ini sering terjadi dengan gejala iritasi mata yakni mata merah, berair dan terasa panas. Gejala lain yang biasa dirasakan adalah mata merah, sensitif terhadap cahaya, gatal-gatal, pedih, pembengkakan pada kelopak mata dan mata terasa sangat lengket. Untuk sakit mata ini biasa terjadi dengan penularan oleh orang lain, penularan bisa disebabkan bakteri, virus maupun iritan. Untuk bayi, sakit mata adalah sesuatu yang sangat tidak nyaman dan begitu menganggu. Pengobatan bisa dilakukan dengan pengompresan terhadap mata yang tengah sakit, pemberian obat tetas mata, menghindari debu dan polusi udara serta menjauhkan mata dari pandangan yang banyak mengandung cahaya.

Baca Juga:  Tahap Pengobatan Pada Telinga Gatal Yang Benar

3.Infeksi telinga
Infeksi telinga termasuk pada penyakit yang menular dan penyakit ini biasa menyerang anak-anak usia 2 tahunan, influensi banyak dikatakan sebagai penyakit ini, saluran telinga dan saluran pernafasan yang masih berhubungan akan diserang oleh bakteri dan menimbulkan panas pada anak, demam tinggi, nyeri pada telinga, bahkan mengganggu saraf pendengaran. Infeksi telinga akan menular pada anak-anak yang menderita flu, flu yang berat akan memicu perkembangan infeksi telinga pada tubuh anak.

Untuk mencegah terjangkitnya infeksi telinga, usahakan untuk menjaga anak tetap dalam kondisi bersih. Kebersihan akan menjadikan hidup sehat, bukan hanya kebersihan badan yang penting namun kebersihan lingkungan jauh lebih penting.

4.Diare
Diare adalah penyakit yang sering terjadi pada anak (bayi), hal ini disebabkan oleh banyak hal. Selain kebersihan yang menjadi faktor utama, pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi juga memiliki poin penting dalam menentukan kesehatan pencernaan anak. kuman, virus dan bakteri yang terdapat pada makanan akan membuat lambung anak yang masih lemah terganggu sehingga seringkali menimbulkan diare pada anak.