Penyakit Alzheimer Pada Usia Muda

DokterSehat.Com – Penyakit Alzheimer adalah jenis demensia paling umum yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa.



Karena fungsi intelektual mengalami kemunduran yang cukup berat. Hal itu dapat mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, dalam berhubungan sosial, karir maupun aktivitas sosial pada penderitanya. Sehingga, penderita akan mengalami kehilangan daya ingatnya, kesulitan untuk berfikir secara berorientasi maupun abstrak dan kepribadiannya juga mengalami perubahan.

Meskipun penyakit ini biasanya muncul pada orang yang usianya 60 tahun ke atas dan jumlahnya meningkat pada usia 80 tahunan. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat dialami seseorang yang masih berusia 40 sampai 50 tahunan. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit Alzheimer pada usia muda juga dapat terjadi.

Penyebab penyakit alzheimer yaitu terjadinya pembentukan plaque atau bercak-bercak yang luas pada bagian luar kortek (jaringan otak). Selain itu juga terdapat bagian abu-abu yang letaknya agak dalam pada bagian subcortical(jaringan otak). Hal itu berkaitan dengan zat pati yang juga disebut beta amyloid mirip sekali dengan protein yang sering disebut dengan tau protein.

Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Selain plaque, dapat terjadi karena peran neurofibrillary tangles yaitu pendukung internal pada bagian struktur sel syaraf otak selalu tergantung dengan fungsi normal dari protein yang biasa disebut tau. Pada penderita alzheimer, bagian benang-benang protein tau akan mengalami perubahan. Inflamasi juga dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit Alzheimer :

• Jenis kelamin
Penyakit alzheimer dan parkinson juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Biasanya pada wanita lebih beresiko mengalami penyakit ini dibanding dengan pria.

• Factor usia
Faktor usia juga merupakan salah satu penyebab penyakit alzheimer, karena seseorang yang sudah berusia lanjut diatas 65 tahun akan lebih beresiko mengalami penyakit ini.

Baca Juga:  Beberapa Penyebab Amandel

• Faktor genetic
Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit alzheimer yaitu faktor genetik. Apabila dalam riwayat keluarga mengalami penyakit ini, maka ada kemungkinan akan menurun pada anggota keluarga yang lainnya.

BACA JUGA : Kenapa Wanita Sulit Bernapas Saat Berolahraga