Penyabab Umum Mata Menjadi Rabun Jauh

Dokter Sehat – Sekarang ini banyak sekali orang menderita rabun jauh atau yang sering disebut dengan myopia, kurang lebih sepertiga penduduk dunia menderita rabun jauh, termasuk di Indonesia. Apakah rabun jauh itu? Rabun jauh adalah sebuah kondisi dimana mata pada saat melihat benda -benda yang jauh akan menjadi kabur, hal ini terjadi karena bentuk bola mata yang tidak normal, sehingga cahaya yang dipantulkan oleh obyek yang dilihat jatuh di depan retina dan akan menjadi kabur.

19

Penyebab umum rabun jauh :

1. Jarak terlalu dekat membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main ponsel, dan lain-lain. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata, pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.

2. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.

3. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal, atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.

4. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.

5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita.

Baca Juga:  Gejala Pseudoxantoma Elastika Dan Pengobatannya

6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir, vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.