Luka – Penutupan Luka, Prognosis, dan Pencegahan

Penutupan luka fisiologis seperti Tegaderm atau Hydrogel dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka pada lansia misalnya karena kerapuhan kulitnya, dimana perbaikan karena robekan sulit dilakukan.

doktersehat-tangan-terluka-injury-perban

Antibiotik untuk Luka
Jika luka dibersihkan dan dirawat dengan baik, antibiotik sebenarnya jarang dibutuhkan. Namun, luka akibat gigitan binatang, gigitan manusia, luka yang terkontaminasi air sungai atau air danau, atau luka kotor di aspal lainnya, sirkulasi aliran darah yang buruk, membutuhkan antibiotik untuk mencegah infeksi. Antibiotik mungkin juga akan diresepkan jika melibatkan otot atau tulang.

Prognosis
Prognosis untuk penyembuhan luka tergantung pada jenis luka dan berbeda-beda setiap orang, cedera yang mendasari, dan kesehatan dasar pasien.

  • Kebanyakan luka ringan termasuk luka robek sederhana dan lecet sembuh sendiri dan tidak memerlukan perawatan medis.
  • Semakin rumit pasien dan semakin rumit luka, prognosis untuk hasil yang sempurna semakin. Tujuan penyembuhan luka adalah memiliki penyembuhan yang memungkinkan kembalinya bagian yang cedera untuk berfungsi normal.
  • Hasil juga tergantung pada faktor risiko. Luka yang terkontaminasi dan sangat kotor lebih mungkin untuk menjadi terinfeksi, dan penyembuhan lebih buruk daripada mereka yang tidak. Luka cenderung kurang berhasil untuk sembuh pada pasien diabetes dengan kadar gula yang tidak terkontrol atau pasien yang memiliki sirkulasi aliran darah yang buruk.
  • Semua luka robek akan meninggalkan bekas luka tetapi dokter akan bertindak untuk meminimalkan bekas luka.

Pencegahan luka
Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, dan kebanyakan orang akan mendapatkan luka, meskipun telah amat berhati-hati.

Penting untuk diingat bahwa ketika menggunakan alat-alat di rumah atau di tempat kerjap, pastikan alat tersebut digunakan dengan cara yang tepat. Kecelakaan sering terjadi karena orang terburu-buru, ingin cepat selesai, atau menggunakan alat dengan cara yang tidak tepat.

Baca Juga:  Bintik Putih pada Kuku, Berbahayakah?

Gunakan pelindung. Memakai sepatu yang tepat, memakai helm, atau pelindung mata akan menghindari luka atau meminimalisir cedera terlepas dari situasi kecelakaan akan terjadi atau tidak.