Penuaan Dini Bisa Disebabkan Oleh Buruknya Kualitas tidur

DokterSehat.Com – Kita tentu akan sangat mudah untuk menemukan referensi tentang pengaruh kualitas tidur dengan kesehatan tubuh. Selain sebagai waktu paling utama untuk detoksifikasi tubuh, waktu tidur yang berkualitas ternyata juga berpengaruh langsung dalam keseimbangan kadar hormon di dalam tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita menjaga waktu tidur dengan cukup setiap hari, maka kita pun bisa menurunkan resiko penuaan dini pada tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Orang yang kekurangan waktu tidur biasanya akan cenderung terlihat lebih kusam dan lebih tua. Tahukah anda, waktu tidur ternyata adalah waktu utama bagi tubuh untuk melakukan perbaikan atau pembaharuan pada sel-sel tubuh, termasuk diantaranya adaalh sel kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Estee Laudaer dari Hospitals Case Medical Centerin Cleveland University menunjukkan fakta dimana wanita berusia paruh baya yang memiliki pola tidur yang buruk akan jauh lebih mudah mengalami penuaan pada kulitnya dengan tanda-tanda keriput, kulit yang tidak rata, kulit mengendur, hingga banyaknya garis-garis halus. Dengan tidur yang cukup, kulit pun akan mendapatkan perbaikan atau penggantian dengan lebih baik sehingga tampilan kita pun tetap segar dan cerah.

Dengan tidur yang berkualitas, kita juga secara langsung menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Dengan tidur yang cukup, kita bisa menekan tekanan darah, kadar kolesterol, hingga kenaikan berat badan yang berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Jika kita kekurangan waktu tidur, maka tekanan darah pun akan cenderung meningkat dan organ kardiovaskular bisa mengalami peradangan. Bahkan, jika kita kurang tidur dalam waktu yang lama, resiko mendapatkan penyakit jantung bisa meningkat jauh lebih besar.

Penelitian dari Baylor University juga menunjukkan fakta dimana tidur yang cukup akan membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer. Tidur akan melindungi fungsi otak dengan lebih baik dan mencegah penurunan fungsi kognitif, menjaga fungsi memori, dan juga ikut berperan dalam mencegah pembangunan protein beta-amyloid pada otak yang bisa memicu masalah alzheimer. Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kini kita mulai menata waktu tidur kita agar lebih baik setiap malamnya agar kesehatan kita tetap terjaga.