Penuaan Dini Bisa Berawal Dari Beberapa Kebiasaan Berikut

DokterSehat.Com – Semua orang tentu berharap untuk terus tampil awet muda hingga di usia senja. Sayangnya, dengan kehidupan modern yang menuntut banyak orang bekerja keras dan melakukan berbagai banyak aktifitas dalam waktu yang sempit, mendapatkan wajah dan tubuh yang awet muda tentu akan sulit. Alih-alih mendapatkan wajah dan tubuh awet muda, masyarakat modern justru lebih mudah mengalami penuaan dini. Istilah penuaan dini sendiri tidak hanya merujuk pada kulit wajah yang mengkerut dan berkeriput di usia muda layaknya yang disebutkan di banyak produk kecantikan. Penuaan dini juga bisa berpengaruh pada fungsi bagian tubuh secara keseluruhan yang terus melemah. Anda tentu tidak ingin bukan mengalami penuaan dini di usia senja?

doktersehat-wanita

Kurang istirahat adalah penyebab utama seseorang bisa mengalami penuaan dini. Dengan waktu tidur yang kurang karena bekerja terlalu banyak atau bahkan melakukan aktifitas dunia malam, maka organ-organ tubuh layaknya kulit, jantung, atau bahkan hati bisa mengalami kerusakan. Kurang tidur diyakini mampu menambah resiko seseorang mendapatkan penyakit obesitas dan juga penyakit jantung. Jika kebiasaan kurang tidur ini disertai dengan asupan makanan yang tidak sehat dan pola makan yang tidak benar, maka tubuh pun semakin rusak dan penampilan fisik pun menjadi terlihat tua. Sebagai contoh, jika anda jarang memakan sayur dan buah-buahan, maka anda akan kekurangan nutrisi bagi kulit, otot, dan juga tubuh secara keseluruhan sehingga tubuh pun terlihat layu dan tua.

Stress adalah penyebab penuaan dini paling umum bagi masyarakat modern. Stress bisa berasal dari pekerjaan atau bahkan kehidupan sosial yang kurang sehat. Disamping membuat tampilan kulit menjadi tidak segar, stress juga bisa memicu penurunan fungsi otak sehingga bisa membuat pikun di usia muda dan kesusahan untuk berkonsentrasi.

Baca Juga:  Heartburn Tidak Selalu Disebabkan Oleh Makanan Pedas dan Berlemak

Penuaan dini tidak hanya dicegah dengan memakai produk kecantikan yang berkualitas sehingga tampilan kulit menjadi lebih segar dan awet muda. Jika kita rajin melakukan olahraga, maka peredaran darah pun cenderung lancar sehingga otot dan kulit pun menjadi lebih kencang dan tidak mudah berkeriput. Disamping itu, kita tentu harus pandai-pandai mengelola stress dengan mendapatkan waktu pribadi untuk rileks, mendapatkan waktu berkualitas dengan keluarga, atau bahkan melakukan liburan sehingga stress pun bisa diimbangi dengan hal-hal yang menyenangkan.