Pentingnya Vitamin D, Zat Gizi Yang Pengaruhi Kualitas Pertumbuhan Anak

DokterSehat.Com – Kasus internasional menunjukkan, vitamin D merupakan zat gizi yang pengaruhi kualitas pertumbuhan anak.

12

Pada abad ke-19, terjadi insiden penyakit riketsia (pertumbuhan tulang dalam bentuk abnormal atau pelunakan dan pelemahan tulang pada anak-anak) yang melanda Eropa dan Amerika Serikat. Khususnya terjadi di wilayah perkotaan.

Penyebabnya adalah defisiensi atau kekurangan vitamin D. Yang antara lain akibat anak-anak kurang terpapar oleh sinar matahari langsung lantaran kerap berada di dalam ruangan untuk waktu yang cukup lama, serta polusi udara yang mengakibatkan terjadinya penipisan sinar matahari.

Pengobatan yang dilakukan kemudian untuk mengatasi penyakit riketsia akibat kekurangan vitamin D ini adalah dengan menggunakan minyak ikan kod pada abad ke-20, terapi ringan dengan bermain di luar ruang untuk anak-anak yang berwajah pucat, serta penetapan vitamin D sebagai fortifikasi dalam mentega sejak 1961 di kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Meningkatnya penyakit riketsia ini ternyata dapat menyingkap manfaat lain dari vitamin D itu sendiri. Selain memperbaiki pertumbuhan tulang, manfaat vitamin D juga sangat berpengaruh terhadap imunitas adaptif, papar Dr Martine Alles, Direktur Developmental Physiology & Nutition Danone Nutricia Early Life Nutrition, Belanda, dalam sebuah diskusi media.

Melihat rendahnya asupan vitamin D pada anak-anak di usia muda di kawasan Eropa, kata Martine, saat ini selain mendapatkan sumber vitamin D dari berbagai jenis makanan, juga telah direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen tambahan vitamin D, agar kebutuhan vitamin D harian tercukupi.