Pentingnya Test Kadar Kolesterol Darah

Dokter Sehat – Pada awalnya Anda tidak akan menyadari bahwa kandungan kolesterol Anda tinggi, karena gejalanya memang sulit dikenali bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Jika terus terjadi kadar kolesterol darah Anda yang tinggi akan menyebabkan aliran darah kental karena banyak sekali lemak di dalam darah.

8

Lemak yang menumpuk di dinding pembuluh darah akan mengganggu kelancaran peredaran darah, lambat laun pembuluh darah menyempit sehingga mengganggu supplai oksigen dalam tubuh. Jika hal ini terjadi gejala yang akan terasa adalah sakit kepala, pegal-pegal, dan kesemutan karena kadar oksigen di dalam darah berkurang banyak.

Kadar ideal kolesterol dalam darah adalah dibawah 200 mg/dL, Jika anda mempunyai keluarga yang pernah mengalami serangan jantung maka sebaiknya target kadar kolesterol juga perlu anda turunkan. Jika perlu, anda harus dapat mencapai kadar dibawah 100 mg/dL. Sementara itu, kadar HDL kolesterol perlu anda jaga antara 40 sampai 60 mg/dL.

Bagi anda yang sudah berusia diatas 20 tahun, sudah saatnya untuk memeriksa kadar kolesterol secara rutin setiap 5 tahun sekali. Jika anda menemukan keganjilan dalam pemeriksaan kadar kolesterol atau anda tidak tahu arti dari angka angka tersebut maka anda bisa menanyakan ke dokter.

Dokter Sehat