Pentingnya Susu Dalam Menu Harian Anak

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kita sering mendengar adanya debat antara mereka yang menganggap konsumsi susu sebagai hal yang mubazir bagi anak-anak dengan alasan mencontoh binatang yang hanya memberikan susu pada anaknya hingga usia tertentu saja dan mereka yang meyakini jika susu masih dibutuhkan bagi perkembangan dan kesehatan anak. Namun, bagi pakar kesehatan dr Rini Sekartini, SpA yang berasal dari RS Ibu dan Anak Bunda Jakarta menyebutkan bahwa susu ternyata masih dianggap penting bagi perkembangan fisik dak kecerdasan anak dengan maksimal.



Menurut dr Rini, susu kini telah menjadi sebuah komponen penting bagi pertumbuhan tubuh anak-anak. Dengan adanya susu sebagai pelengkap makanan sehat yang dikonsumsi oleh anak-anak, maka anak pun mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan perkembangannya. Menurut dr Rini, susu bahkan sebenarnya akan sangat baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, baik itu setelah ASI berupa ASI eksklusif dari ibundanya, saat masih berusia anak-anak, hingga pada usia remaja hingga 18 tahun.

Selain memberikan kecukupan gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk perkembangan fisik dan juga kecerdasan otaknya, susu diyakini bisa menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk “menabung” kalsium yang akan berpengaruh besar dalam kesehatan tulang pada saat manusia berusia lanjut. Sebagaimana diketahui, setelah usia dewasa, kesehatan kepadatan tulang akan cenderung menurun sehingga kita pun akan membutuhkan asupan kalsium untuk menjaganya tetap sehat. Jika semenjak kecil kita rutin mengkonsumsi susu hingga dewasa, maka banyaknya kalsium yang kita tabung dalam tubuh bisa berpotensi menurunkan resiko terkena masalah osteoporosis di saat usia kita menua.

Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh susu ini, anda tentu akan semakin rajin mengkonsumsi susu yang sehat dan lezat ini, bukan?