Pentingnya Perawatan Kulit Pada Malam Hari

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

DokterSehat.Com – Pada siang hari kulit biasanya diberi perawatan khusus agar terlindung dari paparan sinar matahari. Salah satunya dengan penggunaan body lotion. Produk perawatan kulit ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari panasnya terik sinar matahari agar kulit tidak cepat kusam dan terkesan kering.

Tapi, apakah kulit hanya membutuhkan body lotion pada siang hari saja? Tentu saja tidak, karena  pada malam hari sel-sel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel baru serta kolagen yang rusak. Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru.

Saat malam hari terjadi pembelahan sel-sel lapisan kulit dan ketika itu kandungan air pada kulit paling banyak menghilang, hingga 25 persen dibandingkan pada pagi atau siang hari. Oleh karena itu, kulit juga memerlukan pelembab pada malam hari, karena pada malam hari kulit tubuh paling banyak kehilangan kelembaban dan butuh bekerja ekstra untuk proses regenerasi, menurut penjelasan dari dokter spesialis kulit dan kelamin Eddy Karta.

Perawatan kulit tubuh di malam hari akan membuat kulit tidak semakin kering pada saat proses regenarasi berlangsung. Kulit yang terlalu kering dapat mengakibatkan sensitivitas pada kulit yang dapat mengakibatkan kulit nampak lebih keriput.

Agar terlihat lebih awet muda, tidak pucat dan kusam, sebaiknya rawatlah kulit setiap saat. Tidak hanya siang hari saja, pada malam hari pun kulit tetap perlu dirawat. Selain itu, pilihlah kosmetik yang aman untuk kulit serta jangan lupa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.