Pentingnya Pencegahan dan Penanganan Dini Kanker Leher Rahim

DokterSehat.Com – Kanker leher rahim adalah penyakit penyebab kematian terbanyak pada wanita Indonesia. Berdasarkan Report of WHO Consultation diperkirakan hampir mencapai 200.000 kasus baru setiap tahun di dunia. Sekitar 80% kanker leher rahim disebabkan oleh infeksi virus HPV.

doktersehat-wanita-kanker-serviks

Penyakit Kanker leher rahim biasanya tidak diawali dengan gejala-gejala khusus pada stadium awal. Namun perlahan-lahan dapat menggerogoti tanpa disadari. Keadaan dimana keganasan telah menyebar luas disebut sebagai stadium invasif. Pada stadium invasif, penderita akan mengeluh pendarahan dari vagina, nyeri saat bersenggama, dan nyeri saat berkemih.

Maka dari itu deteksi dini kanker leher rahim sangat penting. Untuk mendeteksi penyakit ini, dapat dilakukan skrining, antara lain:

  1. Pap Smear, merupakan pemeriksaan untuk melihat sel-sel rahim, sampel diambil melalui liang vagina. Ada dua macam Pap Smear yaitu Pap smear konvensional dan Sitologi serviks berbasis cairan. Pada metode sitologi serviks berbasis cairan ini, sampel dimasukkan ke dalam cairan khusus untuk memisahkan sel atau faktor pengganggu lainnya. Kemudian akan diamati di bawah mikroskop hingga tampak hasilnya yang jelas dan akurat.
  2. HPV DNA, yaitu pemeriksaan molekular yang secara langsung bertujuan untuk mngertahui ada tidaknya virus HPV pada sel-sel yang diambil dari serviks. Jenis virus HPV resiko tinggi penyebab kanker ini ada 13 tipe, yaitu tipe 16, 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59, 68.

Kapan saja skrining dilakukan?

  • Jika anda berusia kurang dari 21 tahun, telah menikah, skrining pap smear dilakukan 3 tahun setelah hubungan seksual pertama. Apabila hasilnya normal, dilanjutkan setahun sekali.
  • Jika anda berusia 21-30 tahun, telah menikah, skrining pap smear dilakukan setiap tahun.
  • Jika anda berusia di atas 30 tahun, pap smear dan HPV DNA dilakukan secara berkala.
Baca Juga:  Tindakan Pertama Jika Lidah Tergigit

Apakah kanker leher rahim dapat disembuhkan?

Kanker leher rahim dapat dicegah dan disembuhkan bila dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, asalkan diketahui pada stadium dini.
Lakukan skrining kanker leher rahim untuk penanganan lebih dini dan tingkat kesembuhan yang lebih besar.