Pentingnya Minum

DokterSehat.Com – Air begitu dibutuhkan oleh semua sel dan organ yang ada di tubuh kita agar mereka dapat berfungsi optimal. Air juga dibutuhkan untuk melumasi sendi, menjaga suhu badan, melarutkan nutrisi nutrisi serta berbagai mineral yang ada di tubuh kita. membantu jalannya makanan di dalam pencernaan kita,

shutterstock_34531087 copy

Dalam kehidupan sehari hari, air dibuang atau dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air kecil, buang air besar, dan berkeringat, bahkan saat kita bernafas kita kehilangan cairan dari dalam tubuh kita.

Air dapat didapatkan melalui makanan yang tinggi kadar airnya, seperti sup, buah buahan seperti jeruk, semangka, meskipun begitu minum merupakan sumber utama tubuh dalam memenuhi kebutuhan akan cairan, susu dan jus merupakan sumber air yang baik bagi tubuh, sebaliknya, meminum alkohol, kopi, soft drink, dan bir malah dapat membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan/ membuang cairan.

Banyaknya air yang dianjurkan untuk diminum sehari hari bergantung pada seberapa aktif nya seseorang pada hari tersebut dan seberapa banyak keringat yang dikeluarkannya, sehingga tidak ada patokan yang dapat berlaku bagi semua orang. Menurut beberapa penelitan, seorang laki laki dengan aktivitas normal (tidak berlebihan, tidak hanya berbaring tanpa aktivitas) membutuhkan asupan cairan + 3 liter perhari, sedangkan untuk perempuan membutuhkan asupan cairan + 2,2 liter perhari.

Akibat yang sering terjadi ketika seseorang jarang minum

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih sering berasal dari kuman dari luar , contohnya kuman dari saluran pencernaan, infeksi pertama terjadi di saluran kemih bagian bawah dan kemudian bisa menyebar ke saluran kemih bagian atas terutama ginjal. Minum air adalah cara paling mudah untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi tersebut karena air kencing yang keluar seolah olah membilas saluran kencing dari kuman kuman yang ada disitu.

  1. Batu saluran kemih
Baca Juga:  Pemerintah Menjamin Vaksinasi Ulang Memakai Vaksin Asli

Kurangnya minum yang sesuai anjuran diatas dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena batu saluran kemih karena adanya penumpukan zat zat yang menyebabkan terbentuknya batu.