Pentingnya Menjaga Kesehatan Vagina

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang bisa membuat rasa kurang percaya diri bagi wanita adalah organ intimnya. Bahkan, banyak wanita yang mengaku canggung dengan organ intimnya, terutama saat harus berhubungan intim dengan suaminya. Rasa canggung ini bahkan berpengaruh besar dalam kepuasan kehidupan seksualnya. Padahal, sebagaimana bagian tubuh lainnya, vagina juga memiliki kecenderungan untuk semakin menua seiring dengan waktu sehingga tampilannya pun cenderung akan menurun. Wanita tentu harus pandai-pandai menjaga kesehatan vaginanya, bukan?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan jika dalam rentang tahun 2011 hingga 2012 saja terdapat peningkatan 64 persen wanita yang memilih untuk melakukan peremajaan vagina atau vaginal rejuvenation. Salah satu prosedur bedah plastik ini diyakini bisa membuat vagina terlihat lebih sehat, lebih segar, dan lebih muda. Padahal, alih-alih melakukan bedah plastik, pakar kesehatan justru lebih menayarankan tiga cara alami menjaga kesehatan vagina seperti sebagai berikut.

Hal pertama yang harus diperhatikan wanita yang ingin menjaga kesehatan vaginanya adalah dengan berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan seimbang sehingga berat badan pun tetap dalam kondisi ideal. Tahukah anda, berat badan yang tidak ideal bisa membuat keelastisan bagian luar vagina semakin mengendur. Hal ini tentu saja akan membuat tampilannya menjadi kurang baik. Dengan asupan gizi yang cukup, maka vagina pun tetap akan terlihat segar dan sehat.

Kini banyak wanita yang menjadi pekerja kantoran dan duduk dengan waktu yang sangat lama seharian. Tahukah anda, kebiasaan yang dianggap normal ini ternyata berpengaruh besar bagi kesehatan vagina. Cobalah untuk melakukan latihan ringan setiap beberapa jam sekali, khususnya dengan melakukan peregangan selama beberapa menit sehingga tubuh dan peredaran darah pun semakin lancar sehingga vagina tetap sehat.

Baca Juga:  Posisi Seks Terbaik Untuk Wanita Agar Lekas Hamil

Jika anda wanita yang memiliki hobi bersepeda, berhati-hatilah agar tidak terlalu lama bersepeda. Gesekan dan tekanan saat menaiki sadel ternyata bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan vagina. Melihat fakta ini, cobalah untuk melakukan perjalanan dengan sepeda seperlunya saja, dan andai anda memakai sepeda untuk berolahraga, melakukan olahraga ini 30 menit sudah dianggap cukup asalkan dilakukan dengan rutin.