Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan Hunian Kita

DokterSehat.Com – Mengingat Hari Kesehatan Lingkungan Hidup pada 5 Juni lalu, kita tentu harus lebih baik dalam menjaga kesehatan lingkungan. Tak perlu jauh-jauh tentang deforestasi atau bahkan pengelolaan limbah di tanah air yang masih dalam level yang sangat buruk, kita bisa membuat lingkungan menjadi lebih sehat pada area tempat tinggal kita sendiri. Meskipun kecil, namun ada dampak positif yang bisa kita dapatkan jika kita mulai menjaga kesehatan lingkungan kita. Apa sajakah dampak-dampak positif tersebut?

doktersehat-anak-sekolah

Dengan menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal, kita pun akan berhasil menjaga udara di sekitar rumah menjadi lebih bersih. Sederhana saja, dengan membuat rumah dan lingkungan kita bebas dari berbagai kotoran, sampah, atau bahkan sekadar debu, kita tentu akan mendapatkan udara yang lebih bersih dan segar. Hal-hal kecil layaknya rajin menyapu, mengepel lantai, melepas sepatu sebelum memasuki rumah, juga bisa membuat udara di rumah kita menjadi lebih bersih dan sehat.

Dengan menjaga lingkungan rumah kita menjadi lebih bersih, kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebagai contoh, jika kita malas membuang sampah, maka kita pun akan menciptakan sumber penyakit di dalam rumah. Banyaknya sampah juga bisa membawa lalat yang bisa saja menghinggapi makanan yang akan kita makan, padahal, makanan ini telah membawa berbagai sarang penyakit. Selain itu, cobalah untuk menghindari asap rokok yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya layaknya penyakit kanker atau penyakit saluran pernafasan.

Penggunaan beberapa bahan layaknya plastik juga sebaiknya diperhatikan agar kita tidak menumpuk terlalu banyak sampah yang kurang sehat di sekitar rumah. Selain itu, kita juga harus memperhatikan bahan-bahan yang dipakai pada rumah kita, layaknya bahan kimia pada cat atau bahkan pada bahan bangunan. Dengan memakai bahan yang ramah lingkungan sekaligus aman bagi kesehatan, maka kita pun bisa menjaga keluarga kita dari berbagai penyakit berbahaya.