Pentingnya Mengetahui Kadar Kolesterol Normal

DokterSehat.Com – Hampir setiap orang selalu mengidentikkan kolesterol merupakan penyebab timbulnya penyakit seperti sakit jantung, stroke dan gangguan peredaran darah. Tetapi sebenarnya kolesterol itu mengandung beberapa unsur seperti LDL, HDL, Trigliserid, kolesterol total dan lainnya. Tidak semuanya kandungan kolesterol tersebut berbahaya bagi tubuh. Dan yang perlu diperhatikan bahwa kolesterol tersebut dibutuhkan oleh untuk untuk metabolisme tubuh itu sendiri. Bahkan otak manusia adalah organ yang paling membutuhkan lemak untuk dapat bekerja. Namun terlepas dari itu perlunya kita mengetahui kadar kolesterol tubuh normal untuk menunjang kesehatan kita yang maksimal.

doktersehat-kolesterol-jantung-saluran

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan diproduksi oleh hati (hepar). Tingginya kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh sudah tentu mebahayakan tubuh terutama pada sistem peredaran darah dan perlunya pemeriksaan kolesterol dalam darah yang berguna untuk mendeteksi risiko tersebut. Paling tidak kita bisa melakukan pemeriksaan kolesterol sederhana yang dilakukan di jari secara berkala setiap 2 bulan sekali apabila kita memiliki resiko penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Pemeriksaan kolesterol tersebut dapat menilai kadar kolesterol total dalam tubuh dengan derajat keakuratan 95%. Ataupun pemeriksaan kolesterol secara lengkap dengan mengambil darah yang memiliki keakuratan hingga 99% dan mampu menilai jenis-jenis kolesterol secara lengkap. Pemeriksaan ini dapat dilakukan 12 bulan sekali tergantung keluhan.

Pentingnya mengetahui nilai normal kolesterol adalah untuk dapat membatasi diri kita dari gaya hidup dan pola makan yang salah serta faktor resiko apa saja yang kita miliki. Secara umum kolesterol terbagi dua yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik yang paling penting adalah HDL (High Density Lipoprotein). Jenis kolesterol ini mencegah terjadinya atheroma (plak penyebab penyempitan pembuluh darah). Batasan kadar normal HDL adalah 60 mg/dL. Semakin tinggi HDL seseorang akan semakin baik karena akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga:  Aktris Holywood Jennifer Aniston Menderita Mata Kering yang Sangat Parah

Kolesterol jahat yang perlu diketahui adalah LDL (Low Density Lipoprotein). Jumlah LDL normal yang masih dapat ditoleransi adalah 100-129 mg/dL. Semakin tinggi LDL maka resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah akan semakin tinggi. Sedangkan untuk batasan kolesterol total yang masih dapat ditolerir adalah 200 mg/dL. Oleh karena itu sudah saatnya kita mengetahui kadar kolesterol diri kita masing-masing agar resiko penyakit jantung ataupun stroke dapat dicegah.