Pentingnya Meminum Air Putih Sebelum Tidur

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi air putih akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi setidaknya 1,5 hingga 2 liter per hari, tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga berbagai sistem tubuh pun bisa berjalan dengan normal. Ada banyak waktu dimana kita bisa mengkonsumsi air putih. Biasanya kita akan minum air putih setelah makan. Namun, tubuh kita bisa merasa haus kapan saja, khususnya jika suhu udara sedang cukup panas atau setelah melakukan olahraga. Terdapat dua waktu lagi dimana kita cenderung akan langsung mencari air minum, yakni saat bangun tidur atau sebelum tidur.



Saat bangun tidur, kita biasanya akan merasa haus karena kita tidak meminum air dalam waktu yang lama sementara ada beberapa proses di dalam tubuh yang tetap berjalan. Untuk menghindari kondisi dehidrasi, tubuh pun mengirimkan sinyal haus saat bangun tidur. Sementara itu, air minum yang dikonsumsi sebelum tidur diyakini bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang digunakan untuk aktifitas fisik seharian.

Terdapat beberapa kebaikan yang bisa kita dapatkan jika meminum air putih sebelum tidur. Sebagai contoh, tubuh akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan kehangatan suhu tubuh sehingga sistem metabolisme tubuh pun bekerja di waktu tidur dan air putih akan membantu proses ini terjadi. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih sebelum tidur, kita akan mendapatkan keseimbangan hormon dan membuat otot dan persendian menjadi lebih rileks untuk membuat tidur lebih nyenyak. Air putih juga akan membantu proses detoksifikasi tubuh atau pembersihan berbagai racun yang didapatkan dari kegiatan seharian.

Satu hal yang harus diingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi air putih sebelum tidur karena bisa membuat kita terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur kita. Minumlah secukupnya saja asalkan rasa haus sudah bisa dihilangkan dan tidur pun akan terasa nyenyak hingga esok pagi.