Pentingnya Meja Belajar Anak

DokterSehat.Com – Meja belajar anak merupakan perlengkapan yang wajib bagi anak. Tentunya sebagai orang tua kita ingin memberikan kenyamanan belajar bagi anak, dan meja belajar anak hadir memenuhi kebutuhan tersebut.

11

Ketika rumah anda memiliki ruangan yang luas, maka sangat cocok untuk dibuatkan area khusus belajar dimana banyak terdapat fasilitas termasuk meja belajar anak. Sebaliknya jika kamar anak anda kecil, maka anda bisa menempatkan meja belajar anak di luar ruangan seperti di ruang keluarga.

Menurut seorang pakar, meja belajar anak sebaiknya ditempatkan di kamar tidur, karena jika ditempatkan di ruang keluarga atau ruang televisi, anak bisa terganggu konsentrasinya.

Saat ini pun sudah banyak variasi bentuk meja belajar anak, mulai dari yang lucu hingga bernebtuk meja kantoran, semuanya memang disesuaikan dengan selera anak. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana meja belajar anak tersebut mempunyai fasilitas belajar yang baik seperti tempat menyimpan buku, menggantung tas, area yang luas untuk menempatkan computer, dan berbagai laci untuk menyimpan barang pribadi anak.

Memilih meja belajar anak

Untuk memiliki bentuk meja belajar yang ideal bagi anak, disarankan untuk mengganti meja belajar secara berkala, namun hal ini juga banyak dihindari oleh sebagiam orang karena menganggap pemborosan. Tidak ada salahnya memang menggunakan satu meja belajar bagi anak, tetapi yang terpenting adalah bahan yang kuat sehingga tahan lama untuk beberapa tahun dan ukuran yang cukup besar sehingga selaras dengan pertumbuhan anak. Selain itu ada pula beberapa tips yang bisa anda baca berikut :

  • Untuk anak balita pilih meja yang rendah, juga kursinya. Sesuaikan dengan tinggi anak. Biasanya untuk usia balita ini, meja belajar didesain dengan warna-warna cerah, juga bergambar. Tujuannya adalah untuk merangsang kreatifitas si kecil.
  • Untuk anak usia sd keatas. Diusia ini, tentu jumlah buku anak akan bertambah banyak. Pilihlah meja yang agak besar, kursi juga disesuaian dengan tinggi anak. Tempatkan buku pada rak tersendiri agar meja tidak kelihatan penuh. Pilih meja belajar anak yang tanpa motif, atau warna netral, agar meja belajar bisa terpakai lama.
Baca Juga:  Usia Ideal Anak Nonton TV

Yang tidak kalah penting diperhatikan adalah pencahayaan yang cukup, terlalu terang tidak bagus. Terlalu redup juga tidak bagus. Untuk pernk-pernik meja belajar, biasanya anak usia sd keatas sudah bisa memilih sendiri. Tapi anda tetap harus mengontrol anak-anak. Jangan terlalu banyak pernak-pernik dimeja belajar, agar konsentrasi belajarnya tidak terganggu.