Pentingnya Mandi Untuk Tubuh

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang menyepelekan mandi, apalagi jika suhu udara cenderung lebih dingin layaknya di musim hujan seperti sekarang ini. Padahal, mandi sangatlah penting untuk membuat tubuh terasa lebih bersih dan menghilangkan berbagai macam kotoran, kuman, atau bahkan bakteri yang bisa saja ada dalam kulit. Tahukah anda, manusia yang banyak beraktifitas bisa mengeluarkan keringat hingga 2 liter banyaknya setiap hari. Hal ini berarti, jika kita tidak mandi, tubuhpun akan lengket, kotor, dan berbau tidak sedap. Sayangnya, banyak orang yang memilih tidak mandi karena selesai berakitifitas terlalu malam atau bahkan terlalu malas untuk mandi pagi karena suhu yang dingin. Berikut adalah akibat jika kita malas mandi.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Bau badan dan gatal-gatal adalah hal yang paling umum dirasakan mereka yang jarang mandi, apalagi jika anda tidak mandi meskipun melakukan banyak aktivitas yang membuat tubuh banyak berkeringat. Kotoran, kuman, dan bakteri yang tidak dibersihkan tentu akan memicu bau tidak sedap sekaligus gatal-gatal karena kuman atau bakteri tersebut bisa berkembang dengan pesat pada kulit. Dalam beberapa kasus, gatal-gatal bahkan bisa memicu peradangan pada kulit sehingga memicu masalah kulit kering atau bahkan kulit yang melepuh. Jika dibiarkan begitu saja, kulit bahkan bisa mengalami infeksi kulit layaknya infeksi eksema dan berbagai masalah lainnya.

Jika kita tidak mandi, khususnya mandi malam, maka tidur pun akan menjadi tidak nyaman sama sekali. Badan yang lengket dan gatal-gatal karena banyaknya bakteri dan kotoran tentu akan membuat tubuh susah untuk tidur atau bahkan mengalami gangguan yang bisa membuat istirahat menjadi kurang maksimal. Saat terbangun, tubuh pun menjadi lesu dan kurang bersemangat. Malas mandi juga bisa memicu tubuh mengalami stres karena banyak otot dan saraf yang tegang namun tidak bisa mendapatkan relaksasi yang bisa diperoleh saat mandi.

Baca Juga:  Waspada, Jangan Asal Menempatkan Wewangian di AC Mobil

Orang yang jarang mandi tentu akan memiliki tampilan dan bau badan yang sangat tidak sedap. Hal ini tentu bisa memicu masalah sosial dimana banyak orang yang tidak mau dekat-dekat atau berbicara pada orang yang jarang mandi karena terganggu bau badan atau tidak ingin tertular gatal-gatal pada kulit. Dengan berbagai dampak tidak baik jika kita tidak mandi dengan rutin, maka ada baiknya kita menjaga kebersihan dengan baik dengan mandi dua kali sehari yang tentu bisa membuat tubuh menjadi lebih bersih dan lebih rileks.