Pentingnya Imunisasi Hepatitis B

Dokter Sehat – Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan bisa merusak hati. Jika dibiarkan, penyakit ini akan semakin berat dan bisa berubah menjadi kanker hati. Oleh karena itu, pemberian vaksin hepatitis B pada bayi yang baru lahir sangat lah penting sebagai langakah awal untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Pemberian vaksin ini dilakukan untuk mencegah penyebaran hepatitis A dan hepatitis B. Manfaat imunisasi hepatitis B akan meningkat jika di berikan pada bayi yang masih berusia 0 sampai 7 hari. Hepatitis A bisa muncul karena kondisi sanitasi yang buruk dan kekurangan nutrisi. Jadi, Anda harus tahu pentingnya imunisasi Hepatitis B.



Hepatitis B dapat menular melalui darah dan cairan tubuh, jika bayi terjangkit virus ini biasanya hanya menunjukkan gejala ringan, dan bahkan ada yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Akan tetapi biasanya bayi akan terus menyimpan virus tersebut di dalam darah selama bertahun-tahun dan bisa menularkannya pada orang lain. Virus hepatitis B biasanya ditemukan pada cairan tubuh orang yang sudah terjangkit, seperti darah, ludah, dan air mani. Ibu yang memiliki Hepatitis B, beresiko tinggi menularkannya pada bayi-bayi mereka. Jadi, orang yang punya risiko tinggi terkena penyakit ini wajib mendapatkan imunisasi berupa suntikan vaksin hepatitis untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Vaksin ini dianggap cukup efektif untuk mencegah hepatitis A dan B, vaksin ini dapat diberikan secara terpisah atau dikombinasikan. Ada dua dosis yang biasanya diperlukan untuk hepatitis A dan dapat mulai diberikan pada anak berusia 12 bulan. Pada hepatitis B ada tiga jenis vaksin, yang pertama dapat diberikan pada anak yang baru lahir. Bagi bayi yang sudah diimunisasi Hepatitis B secara lengkap, maka tidak memerlukan lagi imunisasi tersebut pada saat remaja. Karena vaksin ini dapat membangun kekebalan tubuh dalam waktu empat minggu dan bisa bertahan setidaknya selama 20 tahun bahkan seumur hidup. Inilah pentingnya untuk imunisasi hepatitis B.
Beriku Ini Penyebab Munculnya Hepatitis B :

Baca Juga:  Gangguan Pernafasan Bisa Diatasi Dengan Terapi Garam

1. Virus bisa menyebar dari peralatan dan perlengkapan kesehatan yang kurang bersih, darah yang terinfeksi dan makanan yang terinfeksi. Gejalanya bisa bertahan selama dua bulan termasuk demam, pusing, dan rasa sakit di bagian perut.

2. Hepatitis B akan menyebar melalui darah dan cairan tubuh seperti melakukan kontak seksual, suntikan, atau infeksi dari ibu yang sedang hamil. Gejalanya adalah tidak selera makan, sakit pada sendi, ruam pada kult dan sakit kepala.

Namun tidak semua penderita hepatitis mengalami gejala ini, karena penyakit ini menyerang organ liver, maka akan menimbulkan sirosis, kanker liver dan kematian. Lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia terdapat infeksi hepatitis kronis dan sekitar satu juta orang meninggal setiap tahun dari penyakit ini. Maka kita harus paham pentingnya imunisasi hepatitis B bagi anak.