Penting Mengetahui Riwayat Kanker Payudara Dalam Keluarga

DokterSehat.Com – Bukan suatu hal yang mudah jika Anda dihadapkan pada kenyataan bahwa Anda termasuk dalam keluarga yang memiliki riwayat suatu penyakit serius, seperti misalnya kanker payudara. Jika Anda memiliki ibu, nenek, atau kakak yang pernah mengalami kanker payudara, tidak menutup kemungkinan Anda juga memiliki risiko yang sama.

12

Hal inilah yang perlu Anda sadari dan mulai mengumpulkan informasi mengenai riwayat keluarga Anda. Seperti juga diketahui dari www.everydayhealth.com, bahwa mengumpulkan informasi mengenai penyakit yang bersangkutan dengan sejarah penyakit tersebut di dalam keluarga, akan memberikan Anda kewaspadaan dan kesadaran untuk lebih menjaga kesehatan.

Bukan hanya Anda yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara saja yang bisa terserang kanker payudara. Anda yang tidak pernah memiliki keluarga dengan kanker payudara namun pernah memiliki masalah dengan hasil biopsi payudara atau radiasi karena adanya sel abnormal juga memiliki potensi yang sama.

Anda bisa juga tanpa Anda sadari, mengalami mutasi gen yang memicu kanker payudara meski tidak memiliki sejarah penyakit kanker payudara seperti misalnya gen BRCA atau lainnya. Namun tentu saja mereka yang memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga memiliki potensi lebih besar.

Itulah mengapa sangat penting memeriksa keadaan fisik payudara Anda dan memeriksakan ke dokter jika memang memiliki sejarah keluarga kanker payudara. Mungkin informasi di atas cenderung diulangi dan membuat Anda bosan. Namun lebih berhati-hati dan menyadari pentingnya bahaya kanker payudara juga sangat penting, Ladies.