Penting! Ketahui Langkah Tepat Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Merayakan Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September, ada baiknya kita mengetahui cara terbaik untuk melakukan pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung. Sebagaimana kita ketahui, serangan jantung adalah salah satu penyakit yang paling mengerikan dan mematikan di seluruh dunia. Yang menjadi masalah adalah, kasus serangan jantung di Indonesia cenderung semakin meningkat karena gaya hidup masyarakat yang juga semakin buruk.

doktersehat-serangan-jantung-kejang

Berikut adalah langkah pertolongan pertama pada penderita serangan jantung yang sebaiknya kita lakukan.

  • Posisikan penderita serangan jantung setengah duduk dengan cara menempatkan bantal yang cukup tinggi sehingga membuat tubuh bagian atas lebih tinggi 20 hingga 30 derajat sebelum dibawa ke UGD Rumah Sakit.
  • Pastikan penderita serangan jantung tidak banyak berbicara, tidak melakukan gerakan mendadak, dan tidak mengejan.
  • Jika penderita serangan jantung mengeluhkan rasa ngeri yang sangat hebat, kita bisa memberikan obat golongan nitrat layaknya cedocard, nitral, farsorbid, atau isosorbide dinitrate. Tempatkan obat ini di bawah lidah.
  • Anjuran yang menyebutkan bahwa penderita serangan jantung harus batuk-batuk ternyata hanyalah mitos belaka. Batuk hanya perlu dilakukan jika dokter ahli jantung melihat laju jantung semakin melambat pada monitor perekam jantung.
  • Segera panggil nomor gawat darurat rumah sakit terdekat. Jika bisa, pastikan untuk memilih rumah sakit dengan pelayanan KV atau bisa melakukan perekaman listrik jantung atau EKG.
  • Jika penderita terkena serangan jantung STEMI, maka penderitanya harus segera mendapatkan penanganan medis yang intensif yang dilakukan oleh ahlinya.

Dengan menerapkan langkah pertolongan pertama yang tepat, diharapkan penderita serangan jantung bisa tertolong nyawanya.