Penting Dibaca, Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Diet Penurunan Berat Badan

DokterSehat.Com – Kehilangan berat badan adalah sesuatu yang sederhana jika anda memiliki kemauan dan tekat yang tepat. Tapi ini tidak berarti anda melakukan hal-hal yang merusak kesehatan anda. Menurunkan berat badan mudah jika dilakukan dengan cara yang benar.

11

Nah, berikut ini ada 5 pertanyaan live tweet bertema Diet dan Penurunan Berat Badan yang dijawab oleh MeetDoctor bersama dr. Jenni, M. Gizi, SpGK mengenai diet penurunan berat badan. Yuk baca terus, siapa tahu Anda menanyakan hal yang sama :

  • Diet ocd sebenarnya bahaya tidak?
    Diet OCD tidak dianjurkan, terutama untuk orang dengan gangguan lambung, diabetes, ginjal dan lain-lain. Diet OCD akan mengacaukan metabolisme tubuh kita.
  • Bagaimana caranya supaya badan tetap kencang setelah diet?
    Penurunan berat badan biasanya akan mengurangi lemak tubuh dan otot tubuh. Dalam diet penurunan berat badan, selalu usahakan jangan kehilangan otot yang terlalu banyak. Karena itu kombinasi diet dan olahraga sangat dibutuhkan, karena dengan olahraga, otot dapat dipertahankan, metabolisme lebih baik, tubuh tetep kencang dan berat badan lebih stabil.
  • Saya ingin langsing tapi suka ngemil, gimana ya biar berat badan tidak naik?
    Kadang kala dalam menjalani diet penurunan berat badan, orang tidak berani makan makanan utama seperti nasi lauk dan lain-lain, tapi lebih memilih ngemil makanan yang berkalori tinggi dan lemak tinggi.

    Sebenarnya ngemil dalam sehari diperlukan. Namun kita harus pintar memilih cemilan apa yang baik. Idealnya kita makan 3 kali dalam sehari, dan 2 kali snack time. Pilihkan cemilan yang rendah kalori dan lemak, tinggi serat. Misalnya buah, salad dengan dressing olive oil, puding agar yang rendah gula. Kandungan serat dalam snack tersebut akan membuat kita tahan lapar lebih lama. Dan jangan lupa minumlah air yang cukup dalam sehari.

  • Menjelang menstruasi saya suka makan banyak dan berat naik normal tidak?
    Pada saat mau mens, nafsu makan cenderung meningkat. Hal ini wajar karena perubahan hormonal di dalam tubuh. Di samping itu pada saat menstruasi, tubuh cenderung akan menahan air lebih banyak sehingga berat badan menjadi naik.

    Namun keadaan ini hanya bersifat sementara dan akan balik ke normal kembali. Karena itu pada saat nafsu makan meningkat, pilihlah jenis makanan dan cemilan yang lebih sehat. Dengan demikian berat badan tidak akan naik banyak.

  • Suntik langsing apa efek sampingnya?
    Saat ini banyak sekali penyuntikan untuk melangsingkan tubuh. Sebenarnya terapi tersebut hanya membantu. Bagaimanapun dan apapun yang kita lakukan untuk melangsingkan tubuh kita, tetap harus balik ke diet dan olahraga.

    Kadang orang yang menginginkan hasil instan, misalnya dengan suntik atau operasi dan lain-lain, akan kembali naik berat badannya bila tidak menjaga diet dan melakukan olahraga teratur. Banyak sekali jenis-jenis obat suntik, semuanya ini tentu saja mempunyai efek samping. Karena itu berhati-hatilah bila ingin melakukan terapi instan menurunkan berat badan.