Penis Ternyata Mengalami Perubahan Saat Usia Sudah Tua

DokterSehat.Com – Pria ternyata selalu berharap agar dirinya tetap perkasa hingga usianya menuju senja. Keperkasaan ini tidak hanya berupa kemampuan fisik tubuhnya untuk melakukan berbagai kegiatan harian, namun juga keperkasaan dalam dunia seksual. Sayangnya, seiring dengan waktu, pria yang sudah melalui usia 40 an mau tidak mau harus mengakui adanya perubahan pada penisnya sehingga bisa mempengaruhi keperkasaannya. Apa sajakah perubahan pada penis pria saat usianya sudah tua? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-penis-pria-seks

Bagi pria, ukuran penis adalah hal yang sangat sensitif dan bisa mempengaruhi keperkasaan dan kebanggaannya. Sayangnya, bagi pria yang memiliki ukuran penis besar di usia muda mau tidak mau harus mendapati ukuran ini menurun karena seiring dengan bertambahnya usia, aliran darah menuju penis juga menurun. Pakar kesehatan menyebutkan jika pria dengan usia 60 hingga 70an akan cenderung memiliki penis dengan ukuran 1 cm lebih kecil dari ukuran penisnya di kala muda, bahkan, ukuran ini akan lebih kecil lagi jika Ia mengalami masalah perut buncit.

Warna dari penis juga akan mengalami perubahan seiring dengan menurunnya aliran darah menuju penis. Semakin tua pria, semakin pucat pula warna penisnya. Kulit penis juga akan mengalami keriput layaknya bagian kulit lainnya dan dalam beberapa kasus, penis bisa mengalami bintik-bintik yang meskipun terlihat mengganggu, namun ternyata cukup normal terjadi.

Fungsi seksual penis juga akan cenderung akan semakin menurun dengan bertambahnya usia dimana menurunnya hormon testosteron pada akhirnya membuat sensitifitas penis ikut menurun. Banyak pria tua yang mengaku jika ereksi penis yang didapatkan akan cenderung tidak keras dan mereka semakin sulit mendapatkan orgasme. Beberapa pria tua bahkan mengakui jika mereka mengalami disfungsi ereksi. Sebuah penelitian menyebutkan jika 5 persen dari pria berusia 40 an akan mengalami masalah ini dan pria berusia 70 tahun-an juga 15 persennya mengalami disfungsi ereksi. Selain karena faktor psikologis, konsumsi obat-obatan medis ditengarai menjadi pemicu munculnya masalah seksualitas ini. Karena alasan inilah banyak pria berusia tua yang akhirnya memilih mencari viagra untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi.