Penis Sering Keluarkan Cairan Lengket tapi Bukan Sperma, Waspadai Ini

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

DokterSehat.Com – Normalnya penis hanya mengeluarkan tiga jenis cairan pada pria sehat. Pertama adalah urine yang merupakan hasil sistem ekskresi, carian precum yang keluar mirip seperti mekanisme pelumas pada vagina, dan yang terakhir adalah cairan main yang mengandung semen dan juga sperma.

Selain tiga hal di tas, penis masih bisa mengeluarkan cairan tertentu yang berwarna bening, kekuning-kuningan, atau kehijau-hijauan dengan bau tidak sedap. Kalau sampai cairan ini keluar padahal Anda sedang tidak terangsang atau berkemih, 3 penyakit di bawah ini bisa jadi sudah mulai menginfeksi.

1. Gonore
Gonore atau kencing nanah adalah gangguan yang terjadi pada penis akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae. Saat bakteri ini masuk ke dalam tubuh, pria akan mengalami kencing nanah secara berkala. Cairan kuning kehijau-hijauan yang busuk dan membuat penis sakit akan membuat pria jadi tersiksa.

Pria bisa mendapatkan penyakit ini melalu oral seks, anal, atau vagina. Untuk itu, saat berhubungan seks disarankan menggunakan kondom agar risiko penyakit ini bisa diturunkan.

2. Klamidia
Klamidia kerap tidak memunculkan gejala saat melakukan infeksi pada pria. Penyakit ini baru diketahui kalau penis kerap mengeluarkan cairan bening meski pria sedang tidak terangsang. Cairan ini juga membuat pria kerap alami sakit pada ujung penis dan pembengkakan pada testis.

3. Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah gangguan pada pria yang menyebabkan penis mengeluarkan cairan kental, lengket, dan warnanya agak merah. Saat cairan keluar ujung penis juga akan bengkak disertai dengan buang air kecil yang terus-menerus.

Penyakit ini mudah disembuhkan dan dikategorikan sebagai penyakit ringan. Meski bisa disembuhkan, kalau penanganan tidak segera diberikan, pria bisa saja mengalami gangguan pada sistem reproduksi.

Inilah gangguan pada pria yang sebabkan penis mengeluarkan cairan kental yang bukan sperma. Mari lebih menjaga alat kelamin agar penyakit di atas tidak menjangkiti kita semua.