Benarkah Penis Pria Mengecil Mulai Usia 40 Tahun?

doktersehat penis mengecil

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia, pria akan mengalami penuaan perlahan-lahan. Penuaan ini akan memberikan efek cukup besar pada tubuh khususnya terkait dengan organ vital seperti jantung, paru, hati, ginjal, hingga prostat. Penuaan akan membuat kinerja organ itu menurun meski pada pria yang sehat penurunannya akan sedikit.

Selain organ yang telah disebutkan sebelumnya, pria yang mulai tua atau menginjak usia 40 tahun biasanya mengalami perubahan hormon. Testosteron di dalam tubuh akan menurun dan menyebabkan banyak gangguan termasuk mengecilnya ukuran dari penis perlahan-lahan.

Mengerutnya ukuran penis

Secara umum pengerutan yang terjadi tidak serta-merta langsung hilang beberapa centimeter dalam sekali waktu. Perubahannya akan perlahan-lahan dan kadang tidak disadari oleh pria.
Ada dua hal yang menyebabkan penis mengalami penurunan ukuran. Pertama adalah kegemukan. Pria yang mengalami penurunan testosteron cenderung memiliki timbunan lemak cukup banyak khususnya di bagian bawah perut. Kondisi ini menyebabkan penis seperti tenggelam.

Selanjutnya penurun kualitas ereksi juga memengaruhi kondisi ini. Semakin tua, pria akan susah mendapatkan ereksi dengan maksimal. Akibatnya mereka akan mengalami penurunan ukuran dari penis saat ereksi meski tidak begitu signifikan.

Cara menjaga kesehatan penis

Sebenarnya ketimbang membingungkan masalah penis yang mengecil, pria lebih disarankan untuk memikirkan fungsi seksualnya. Meski ukuran berkurang kalau pria tetap bugar, seks tetap bisa berjalan dengan aman dan lancar. Bahkan usia hanyalah angka kalau bisa tidak letoi dengan cepat.

Saat memasuki usia 40 tahun pria disarankan untuk aktif berolahraga. Kondisi ini harus dilakukan agar mereka bisa mendapatkan tubuh bugar. Selain itu lapisan lemak di tubuh akan berkurang sehingga penis tidak tenggelam dan ukurannya bisa kembali seperti sedia kala.

Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan kita terkait dengan kesehatan penis dan fungsi seksualnya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik