Pengobatan Tradisional Gatal Kulit Yang Aman

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami rasa gatal pada kulit nya, baik jarang atau sering atau bahkan setiap hari. Tak sedikit dari mereka yang mengalami gatal tidak atau belum mengetahui secara pasti apa penyebab gatal pada kulitnya. Padahal mengetahui penyebab gatal akan mempermudah untuk mengatasinya dan mencegahnya agar tidak datang lagi.

18

Gatal memang membuat tidak nyaman, berupa sensasi menjengkelkan yang membuat kita mau tidak mau untuk menggaruknya. Mungkin sekilas terlihat sepele, ketika gatal ya digaruk. Akan tetapi dibalik kulit yang gatal terdapat ratusan kemungkinan penyebab mulai dari masalah sederhana sampai masalah kesehatan yang cukup serius.

Penyebab gatal yang sederhana contohnya ketika kulit kita digigit nyamuk maka akan terasa gatal, mungkin gatal yang ditimbulkannya hanya sebentar dan tidak parah. Penyebab gatal karena penyakit serius misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga terlihat kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

Secara ringkas, Penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat dari penyakit dalam (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh.

Pengobatan tradisional gatal pada kulit :

• Daun salam
Cuci dan lumatkan daun salam dan tempelkan pada kulit yang gatal.

• Daun Biduri dan Minyak Kelapa
Daun biduri yang dipanaskan diolesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada kulit yang gatal selagi daunnya masih hangat.

Baca Juga:  Cara Ampuh Usir Lemak Di Perut

• Daun Mahkota Dewa
Daun mahkota dewa digiling hingga halus kemudian balurkan ke bagian kulit yang gatal.

• Kulit Batang Kamboja
Kulit batang pohon kamboja digiling hingga halus, kemudian dibalurkan ke bagian tubuh yang gatal.

• Minyak Goreng dan Garam
Campurkan garam ke dalam sedikit minyak goreng, kemudian aduk dan sapukan ke bagian kulit yang gatal.

Obat tradisional gatal kulit karena alergi

Gatal kulit karena alergi bisa disebabkan karena berbagai macam faktor alergi. Untuk itu, sebelum berusaha mengobati gatal pada kulit Anda yang disebabkan karena alergi terhadap sesuatu hal maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. Karena penanganan yang salah dapat mengakibatkan penyakit lain yang mungkin muncul sebagai efek samping.

Gatal karena alergi yang tidak disebabkan oleh kuman atau bakteri tertentu bisa disembuhkan menggunakan Obat Tradisional Gatal Kulit Karena Alergi antara lain dengan menggunakan petai Cina dan daun sirih. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirih beserta 60 gr petai Cina menggunakan air sebanyak 600ml. kemudian oleskan air rebusan tadi ke area kulit yang gatal karena alergi. Gunakan sebaiknya setelah mandi ataupun pada saat menjelang tidur.

Anda dapat memilih menggunakan Obat Tradisional Gatal Kulit yang lebih alami dan memiliki resiko efek samping yang relatif kecil.

BACA JUGA : Makan Kue Kering Kok Bisa Bikin Stres?