Pengobatan Terbaru Atasi Berbagai Jenis Kanker

DokterSehat.com – Angka kematian yang disebabkan oleh kanker masih sangat tinggi. Meski bisa diobati dengan radiologi atau kemoterapi, namun pengobatan tersebut tidak hanya mematikan sel kanker melainkan juga sel-sel normal.



Hal ini mendorong para peneliti untuk mencari pengobatan yang lebih efektif. Penelitian terbaru asal Australian Academy of Science mengembangkan metode pengobatan kanker terbaru yang berbasis molekuler. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kunci untuk mengobati kanker adalah dengan mengetahui konsep kematian sel.

Menurut Prof. Suzanne Cory, kematian sel merupakan hal yang alami. Bila sel tidak mati dan terus tumbuh maka justru akan menyebabkan kanker. kehidupan dan kematian sel sebenarnya diatur oleh gen. Dengan mengetahui terbentuknya kanker sampai ke tingkat gen maka pengobatan akan lebih efektif.

Sebaenarnya kanker bisa tumbuh akibat adanya gen yang menyebabkan gangguan pada sifat kematian alami sel (apoptosis). Lantaran terjadi gangguan apoptosis, terjadilah sel-sel yang terus bertumbuh tidak terkendali. Sel-sel inilah yang disebut kanker.

Karena itulah pengobatan yang sedang dikembangkan ini menargetkan pada gen yang membuat gangguan apoptosis tersebut.

Pada prinsipnya, pengobatan ini bekerja dengan menyisipkan molekul sintetik ke dalam tubuh yang bisa mengembalikan sifat apoptosis yang dimiliki sel. Lantaran bersifat spesifik pada sel yang mengalami gangguan, maka molekul tidak akan mempengaruhi sel lainnya yang bersifat normal.

Penelitian ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan pada tikus. Tak hanya itu, uji coba yang diterapkan pada tiga penderita leukimia juga menunjukkan hasil yang memuaskan.

Pengobatan ini sangat menjanjikan sebab bisa menjadi obat kelas baru yang efektif mengatasi berbagai jenis kanker.