Striktur Uretra – Pengobatan, Prognosis, dan Pencegahan

Striktur-Uretra-doktersehat

Perawatan striktur uretra tergantung pada tingkat keparahan kondisi.

Pengobatan Striktur Uretra

Non-bedah
Bentuk utama pengobatan adalah membuat uretra lebih lebar menggunakan alat medis yang disebut dilator. Prosedur ini adalah prosedur rawat jalan, yang berarti Anda tidak perlu bermalam di rumah sakit. Seorang dokter akan memulai dengan memberikan sebuah kawat kecil melalui uretra dan ke dalam kandung kemih untuk mulai melebarkannya. Seiring waktu, zat pengencer yang lebih besar secara bertahap akan meningkatkan lebar uretra.

Pilihan non-bedah lainnya adalah penempatan kateter urine permanen. Prosedur ini biasanya dilakukan pada kasus yang parah. Prosedur ini memiliki risiko, seperti iritasi kandung kemih dan infeksi saluran kemih.

Pembedahan
Pembedahan adalah pilihan lain. Pembedahan yang disebut urethroplasty terbuka adalah pilihan untuk striktur yang lebih lama dan lebih parah. Prosedur ini melibatkan pembuangan jaringan yang terkena dan merekonstruksi uretra. Hasil bervariasi berdasarkan ukuran striktur.

Pengalihan aliran urine
Dalam kasus yang parah, prosedur pengalihan urine lengkap mungkin diperlukan. Operasi ini secara permanen mengubah aliran urine dengan ujung di perut. Ini melibatkan penggunaan bagian dari usus untuk membantu menghubungkan ureter ke ujung pembukaannya. Pengalihan urine biasanya hanya dilakukan jika kandung kemih rusak berat atau jika perlu diangkat.

Prognosis Striktur Uretra

Banyak orang memiliki hasil yang baik setelah perawatan untuk striktur uretra. Anda mungkin perlu perawatan di kemudian hari jika striktur adalah hasil dari jaringan parut. Dalam beberapa kasus, striktur dapat menyebabkan retensi urine, ketidakmampuan untuk buang air kecil karena penyumbatan lengkap di uretra. Ini adalah kondisi yang berpotensi berbahaya. Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami gejala striktur dan tidak dapat buang air kecil.

Pencegahan Striktur Uretra

Pencegahan belum tentu dapat dilakukan. Karena infeksi menular seksual adalah salah satu penyebabnya, menggunakan kondom selama kontak seksual dapat mencegah beberapa kasus pada orang yang berganti-ganti pasangan seksual. Namun, cedera dan kondisi medis lain yang terkait dengan striktur uretra tidak selalu dapat dihindari. Penting untuk segera periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala striktur uretra. Menangani masalah dengan cepat adalah cara terbaik untuk menghindari komplikasi serius.

Striktur Uretra: 1 2
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik