Skizofrenia – Pengobatan

Pengobatan skizofrenia adalah dengan beberapa cara:

doktersehat-Depresi-Postpartum-Baby-Blue-Syndrome-Skizofrenia

Obat
Obat yang diresepkan dapat mengurangi gejala seperti berpikir yang tidak normal, halusinasi, dan delusi. Beberapa orang mendapatkan efek samping obat, termasuk tremor dan berat badan yang bertambah. Obat juga dapat mengganggu obat-obatan atau suplemen lainnya. Tetapi dalam banyak kasus, obat-obatan adalah suatu keharusan untuk mengobati skizofrenia. Pengobatan skizofrenia melibatkan obat-obatan dan terapi untuk mengurangi risiko episode psikotik di kemudian hari dan meningkatkan potensi penderita agar mampu hidup berbaur dengan masyarakat dengan mengendalikan gejala. Cara mengendalikan gejala adalah dengan terus menjaga agar kadar neurotransmiter otak dalam batas normal, yaitu dengan konsumsi obat antipsikotik.

Konseling
Konseling dapat membantu orang mengembangkan cara yang lebih baik untuk mengenali dan menangani masalah perilaku dan pikiran, dan meningkatkan bagaimana penderita harus berhubungan sosial dengan orang lain. Dalam terapi perilaku kognitif (CBT), orang belajar untuk menguji realitas pikiran mereka dan mengelola gejala dengan lebih baik. Bentuk lain dari terapi bertujuan untuk meningkatkan perawatan diri, komunikasi, dan keterampilan dalam berhubungan.

Program rehabilitasi
Program rehabilitasi untuk skizofrenia mengajar orang bagaimana untuk melakukan hal-hal sehari-hari, seperti menggunakan transportasi umum, mengelola uang, pergi toko untuk membeli bahan makanan, atau menemukan pekerjaan dan mempertahankan pekerjaan. Program ini bekerja terbaik ketika seseorang menerima pengobatan yang tepat dan juga mendapat terapi konseling.

Konsistensi
Orang dengan skizofrenia kadang-kadang menghentikan minum obat secara sepihak karena efek samping atau tidak memahami penyakit mereka, atau tidak menyadari bahwa mereka sedang sakit. Hal ini menimbulkan risiko akan kekambuhan gejala yang serius, yang dapat menyebabkan episode psikotik (di mana seseorang kehilangan kontak dengan realitas, tidak mampu membedakan antara realita dan non-realita). Konseling teratur dapat membantu penderita tetap konsisten ndengan pengobatan mereka dan menghindari kekambuhan atau kebutuhan untuk rawat inap di rumah sakit jiwa.

Baca Juga:  Amputasi - Pemulihan

Electroconvulsive Terapi (ECT) dan Skizofrenia
ECT sering disalahpahami, tapi sangat efektif untuk beberapa jenis skizofrenia. ECT adalah pengobatan dengan cara memberi aliran listrik eksternal ke otak penderita sehingga kekacauan neurotransmiter otak dapat di-restart lagi.

Skizofrenia dan Keluarga
Keluarga dan teman-teman dapat membantu dengan memainkan peran aktif dalam perawatan pasien. Penting untuk menjadi pengawas minum obat pasien sehingga kadar neurotransmiter otak dapat diatur dan tidak terjadi kekambuhan skizofrenia karena akan menurunkan kualitas hidup pasien

Pengelolaan Hidup
Dengan perawatan yang tepat, banyak orang dengan skizofrenia dapat menjalani kehidupan degan memuaskan.