Ruam pada Anak – Pengobatan Ruam akibat Virus Campak

Berikut adalah pilihan pengobatan untuk ruam akibat campak (measles).

doktersehat-suntik-syringe-eutanasia-euthanasia-injeksi-injection-vaksin-palsu

  • Ketika penyakit telah dimulai di tubuh, tidak ada obat yang tersedia untuk mengobati campak. Pengobaan hanyalah untuk penanganan gejala (disebut penanganan suportif), misalnya: anak demam diberikan penurun panas.
  • Anak-anak yang memiliki penyakit campak tampak cukup sakit dan sengsara, tetapi penyakit ini biasanya akan membaik tanpa meninggalkan efek sakit.

Pencegahan campak satu-satunya adalah dengan memastikan  bahwa anak mendapatkan vaksin. Vaksin Campak merupakan bagian dari vaksin MMR (measles, mumps, dan rubella) diberikan pada usia 12-15 bulan dan diulang pada usia 4-6 tahun. Beberapa penelitian internasional telah menunjukkan vaksin aman dan jelas tidak berhubungan dengan autisme atau kelainan perilaku lainnya. Masalah keamanan juga difokuskan pada pengawet vaksin, thimerosal, yang mengandung merkuri. Studi tentang thimerosal telah menunjukkan bahwa penggunaannya aman, dan masih didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, vaksin MMR dan vaksin DTaP di Amerika Serikat telah bebas thimerosal sejak tahun 1995. Sejak tahun 2001, dengan pengecualian dari botol vaksin multidose influenza (flu), thimerosal tidak digunakan sebagai pengawet untuk vaksin rutin di Ameriksa Serikat.

Sekitar 20% dari mereka yang mengalami campak dapat mengalami komplikasi. Komplikasi yang terjadi meliputi infeksi telinga, pneumonia dan bronchitis, ensefalitis, masalah kehamilan, dan jumlah trombosit yang rendah (trombosit adalah sel darah yang diperlukan untuk pembekuan darah yang efektif).