Pengobatan Radang Paru-paru

DokterSehat.Com – Radang paru-paru adalah salah satu penyakit yang memiliki jumlah penderita yang terus meningkat. Penyakit ini menyerang organ pernafasan yaitu paru-paru. Dimana meradangnya organ pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfir terisi air akibat dari mengalami peradangan.

18242409878_5bac81f1b8_b

Penyakit radang paru-paru disebabkan oleh adanya infeksi virus,bakteri,jamur serta parasif yang masuk ketika kita bernafas.Bukan hanya itu saja radang paru-paru juga bisa disebabkan oleh adanya paparan zat kimia,cedera jasmani atau karena adanya penyakit lainnya seperti kanker paru-paru dan yang lainnya.atau berlebihan minum alkohol.

Menurut data departemen kesehatan, penyakit ini menjadi penyebab lebih dari 24% kematian bayi. Maka itu, jangan remehkan polusi udara berupa asap roko, asap knalpot, rumah lembab serta lingkungan yang tidak sehat. Gangguan lingkungan semacam itu bisa memicu pneumonia pada anak. Saat daya tahan tubuh lemah, anak-anak paling mudah terserang penyakit ini.

Radang paru paru ini juga merupakan penyakit umum yang dapat menyerang tubuh manusia baik anak maupun orang lanjut usia jadi saya sarankan kepada anda agar segera mengobatinya karena radang paru paru ini dapat menyebabkan kematias.

Gejala

Pasien radang paru-paru atau pneumonia yang menular biasanya menderita batuk produktif, demam yang disertai menggigil bergetar, sulit bernapas, nyeri dada yang tajam atau menghunjam selama menarik napas dalam-dalam, dan peningkatan laju respirasi. Pada manula, adanya kebingungan menjadi tanda yang paling utama. Tanda-tanda dan gejala khusus pada anak-anak balita yaitu demam, batuk, dan napas yang cepat atau sulit.

Demam tidak sangat spesifik, karena ini gejala yang umum timbul pada berbagai penyakit, dan mungkin tidak tampak pada penderita penyakit parah atau malnutrisi. Selain itu, gejala batuk sering tidak muncul pada anak-anak berusia kurang dari 2 bulan. Tanda-tanda dan gejala yang lebih parah meliputi: kulit biru, rasa haus berkurang, konvulsi, muntah-muntah yang menetap, suhu ekstrim, atau penurunan tingkat kesadaran.

Baca Juga:  Pencegahan Infeksi Kantong Empedu

Pengobatan

Untuk pengobatan biasa bisa menggunakan antibiotik oral, analgesik sederhana, cairan, dan istirahat. Namun untuk beberapa kasus yang berat diperlukan vaksinasi khusus radang paru-paru. Dan perlu mendapatkan pengobatan lebih lanjut dari rumah sakit.

Untuk pengobatan secara alami atau herbal anda dapat memanfaatkan daun sambiloto ataupun sari kulit manggis. Cara menggunakan pun sama, sambiloto atau kulit dikeringkan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk. Kemudia seduh dengan air panas seperti membuat kopi, kemudian dikonsumsi secara rutin minimal 2 kali sehari. Hingga radang paru-paru perlahan-lahan mulai menghilang. Jika sakit masih berlanjut segera lakukan pemeriksaan medis seperti rontgen untuk mengetahui seberapa parah radang paru-paru anda.

Bagaimana guys setelah membaca tentang raadang paru-paru? Silakan kirim komentar anda dibawah!

BACA JUGA : Kanker Yang Paling Tenar Dikalangan Wanita