Psoriasis pada Anak – Pengobatan

Psoriasis sering terjadi pada anak-anak. Menurut NPF, setiap tahun, sekitar 20.000 anak-anak Amerika di bawah usia 10 didiagnosis dengan kondisi kulit ini. Itu sama dengan sekitar 1% dari populasi termuda.

doktersehat-anak-kecil-tangan

Kebanyakan orang mengalami episode psoriasis pertama mereka antara usia 15–35 tahun, tetapi dapat berkembang pada anak-anak yang jauh lebih muda dan orang dewasa yang jauh lebih tua. Satu studi menemukan bahwa 40 persen orang dewasa dengan psoriasis mengatakan gejala mereka dimulai ketika mereka masih anak-anak.

Bagi sebagian anak, gejala psoriasis mungkin menjadi kurang parah dan kurang sering seiring bertambahnya usia. Orang lain mungkin terus terkena kondisi sepanjang hidup mereka.

Mengobati psoriasis pada Anak
Saat ini, tidak ada obat untuk psoriasis. Perawatan berfokus pada mengurangi gejala ketika mereka terjadi dan membantu mencegah atau mengurangi keparahan.

Pengobatan topikal
Pengobatan topikal merupakan penanganan yang paling sering dilakukan untuk psoriasis dengan cara mengoleskan obat ke kulit yang sakit. Pengobatan topikal membantu mengurangi gejala yang ringan sampai sedang. Perawatan topikal termasuk obat dan pelembab:

  • salep
  • lotion
  • krim
  • solusio

Mungkin dengan mengoleskan obat seperti ini, anak Anda akan tampak kotor atau berminyak, namun obat topikal ini perlu dioleskan lebih dari sekali sehari. Meskipun begitu, obat topikal memang cukup efektif, dan efek samping lebih sedikit dibandingkan perlakuan lainnya.

Bantu anak Anda untuk mengingat kapan harus mengoleskan obat, misalnya saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Terapi cahaya
Cahaya alam dan cahaya buatan dapat membantu meringankan gejala psoriasis. Ada beberapa pilihan yang lebih baru seperti laser dan obat yang diaktifkan dengan lampu khusus. Anda jangan mulai menggunakan terapi cahaya tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Terlalu banyak paparan cahaya benar-benar dapat membuat gejala lebih buruk.

Baca Juga:  Psoriasis pada Anak - Perubahan Gaya Hidup dan Masalah Psikologis yang Ditimbulkan

Apakah PUVA merupakan pengobatan efektif untuk psoriasis?
Jika dokter Anda menyarankan supaya anak terpapar sinar matahari alami, bantu anak Anda untuk mendapatkan dosis ekstra cahaya matahari dengan cara berjalan-jalan bersama di bawah sinar matahari atau bermain di halaman belakang setelah sekolah.

Obat oral atau suntikan
Untuk kasus psoriasis sedang sampai berat pada anak-anak, dokter anak Anda mungkin meresepkan obat pil, suntikan, atau intravena (IV). Beberapa obat-obatan ini dapat menyebabkan efek samping yang serius, jadi penting untuk memahami apa yang mungkin Anda hadapi sebelum perawatan dimulai. Karena kemungkinan efek samping yang serius, jenis pengobatan ini dapat hanya digunakan untuk jangka waktu yang singkat.