Pengobatan Penyakit Pengapuran Tulang

DokterSehat.Com – Pengapuran tulang dalah suatu penyakit pada persendian, dimana tulang rawan sendi menipis. Dokter spesialis rehab medik, Siti Annisa Nuhonni mengatakan tulang rawan inilah yang berfungsi melapisi ujung tulang pembentukan sendi, sehingga kita dapat bergerak bebas tanpa rasa nyeri.

19

Serta pengapuran terjadi karena tulang sendi tidak mengeluarkan cairan cukup, yang mengatur tubuh seseorang dapat bergerak. Kalau cairan itu kurang, maka tulang jadi mudah retak. Dan kalau sudah retak maka timbul rasa nyeri itu, katanya.

Gejala

Gejala pengapuran itu sendiri terjadi sejak kita masih muda seperti menggunakan alas kaki datar setiap hari. Mudah lelah serta dibarengi dengan nyeri pada tumit adalah gejala awal dari pengapuran tulang sendi. Hal ini disebabkan karena terjadi kram otot betis akibat otot tumit menanggung beban seluruh tubuh.

Pengobatan

Untuk mengobati atau juga menggunakan obat osteoporosis saat ini banyak cara yang bisa digunakan, misalnya adalah dengan meningkatkan asupan dari kalsium, dan melakukan olahraga secara teratur, mempertahankan gaya hidup yang sehat dan baik untuk tulang anda atau juga melakukan terapi herbal. Beberapa jenis obat yang bisa digunakan dalam membantu mencegah kehilangan massa tulang atau membantu mengobati penyakir osteoporosis sehingga bisa membantu mencegah terjadinya resiko mengalami patah tulang adalah :

  • Hormon estrogen
  • Bifosfonat
  • Calsitonin
  • Cacitrol
  • Raloxifen

Dan jika memang sudah terjadi patah tulang, maka hal yang harus dilakukan adalah pembedahan dengan tujuan untuk memperbaiki tulang yang mengalami patah tersebut kemudian mengembalikan fungsi dari tulang atau juga persendian yang berkaitan dengan patah tulang tadi. Tindakan terapi fisik yang dikenal dengan fisioterapi biasanya dibutuhkan dalam membantu proses penyembuhan untuk mengembalikan fungsi dari  anggota tubuh dimana akan ada tulang yang patah, misalnya adalah melakukan latihan pada penguatan otot paha jika memang terjadi dibagian paha.