Pengobatan Penyakit Mata Tanpa Operasi

mata-belekan-doktersehat
Photo Credit: Salud Movil

DokterSehat.Com– Mata merupakan alat indra yang terdapat pada manusia. Secara konstan mata menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera dihantarkan ke otak. Namun mata juga dapat terjadi gangguan dan penyakit.

Penyakit/gangguan mata dapat dikategorikan dalam berbagai jenis, seperti katarak, glaukoma, mata minus, peradangan pada konjungtivitas mata, kekeringan pada mata, rabun senja, permasalahan pada lensa mata atau retina sehingga membuat penglihatan kita menjadi bercabang atau timbul bulatan hitam pada pandangan kita, rabun jauh, infeksi/nyeri pada kelopak mata, pengeluaran air berlebihan bahkan sampai terjadi kebutaan pada mata.

Saat ini, penyakit mata yang paling banyak dialami oleh pasien adalah penyakit katarak dan glaukoma.

Katarak adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya. Keadaan ini memperburuk penglihatan seseorang dan akan menjadi buta jika lewat, atau tidak dirawat. Masalah katarak berbeda dengan masalah mata glaukoma.

Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Beberapa penyakit mata dapat disebabkan oleh:

  • Adanya riwayat penyakit mata di dalam keluarga.
  • Diabetes/ hipertensi
  • Kecelakaan operasi mata sebelumnya
  • Menggunakan steroid atau contact lens yang tidak benar dalam jangka waktu yang panjang
  • Migrain atau adanya kerusakan/benturan keras pada area mata, dll

Pengobatan

Pengobatan mata secara alami dan tanpa operasi dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa macam buah antara lain:

Pepaya

Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin dan yang dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit degenerasi makula.

Alpukat

Kandungan lutein pada alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata, serta membuat mata fokus dalam menangkap obyek sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. Bukan hanya itu, alpukat juga dapat dijadikan sebagai masker pelembap mata.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, serat, folat, kalsium, dan kalium. Vitamin C di dalamnya dapat mengurangi risiko kekeruhan pada lensa mata (katarak).

Kiwi

Makan 2-3 kiwi per hari dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula. Kandungan mineral di dalamnya juga baik untuk sistem saraf dan peredaran darah.