Pengobatan Penyakit Lupus Obat Penekan Sistem Imun

DokterSehat.Com – Penyakit lupus, yang merupakan salah satu penyakit sistem imun dan berdampak pada kulit ini memiliki banyak jenis dan pengobatan. Lupus tidka memiliki obats pesifik untuk menyembuhkan, mungking karen penyakit ini cukup mudah diatasi denan obat lain.



Namun bukan berarti Anda bisa santai, karena lupus juga bisa berubah menjadi penyakit serius, dan jika sudah seperti ini, maka Anda memerlukan pengobatan yang lebih keras agar lupus bisa pergi dari kehidupan Anda.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, pengobatan lupus bisa berupa obat-obatan sitotoksik dan digunakan untuk menyembuhkan lupus yang lebih serius. Beberapa macam obat tersebut meliputi cytoxan, imuran, cellcept, metotreksat, dan siklosporin. Semuanya merupakan obat penekan sistem imun.

Obat cytoxan atau siklofosfamid adalah obat untuk kanker yang digunakan untuk lupus parah dengan gangguan ginjal. Efek samping bisa serius dan mencakup peningkatan risiko beberapa jenis kanker, kerusakan kandung kemih, rambut rontok, dan infertilitas.

Jika obat imuran atau azathioprine, biasanya digunakan selama operasi transplantasi dan untuk penyakit lupus ginjal. Imuran dapat menghasilkan efek samping yang serius termasuk infeksi, anemia, dan peningkatan risiko kanker.

Sedangkan cellcept (mycophenolate mofetil), juga digunakan untuk lupus dengan gangguann ginjal, tetapi memiliki efek samping yang lebih ringan dari jenis cytoxan, karena cellcept tidak menyebabkan infertilitas.

Untuk metotreksat, efek sampingnya bisa termasuk penurunan jumlah darah, luka mulut, kerusakan organ, dan siklosporin memiliki efek samping berupa tekanan darah tinggi dan nyeri gusi.