Hipokalemia – Pengobatan, Pencegahan, dan Prognosis

Terapi penggantian kalium akan diarahkan oleh jenis dan tingkat keparahan gejala pasien. Pengobatan dimulai setelah tes laboratorium mengkonfirmasi diagnosis.

doktersehat-anemia-kurang-darah-konsultasi

Orang yang diduga memiliki potasium sangat rendah perlu dipasang monitor jantung dan memulai infus.

Biasanya, mereka dengan kadar potassium rendah yang masih ringan atau sedang (2,5-3,5 mEq/L), tidak memiliki gejala, atau yang hanya memiliki keluhan kecil hanya perlu diobati dengan kalium yang diberikan dalam bentuk pil atau cairan. Ini lebih disukai karena mudah diberikan, aman, murah, dan mudah diserap dari saluran pencernaan. Beberapa preparat, atau dosis yang terlalu tinggi, bisa mengiritasi perut dan menyebabkan muntah.

Jika aritmia jantung atau gejala signifikan ada atau jika kadar potasium kurang dari 2,5 mEq/L, kalium IV (intravena, melalui jalur infus) harus diberikan. Dalam situasi ini, pasien perlu diobservasi di unit gawat darurat. Mengganti potasium membutuhkan waktu beberapa jam karena harus diberikan dengan sangat perlahan secara intravena untuk menghindari masalah jantung yang serius dan hindari mengiritasi pembuluh darah tempat infus dipasang.

Bagi mereka dengan potasium dan potassium sangat rendah, dibutuhkan kalium lewat infus dan kalium yang diminum.

Peringatan:

  • Bila kalium digunakan dengan obat-obatan seperti inhibitor ACE, ada risiko terjadinya peningkatan kadar potasium menjadi tinggi.
  • Diuretik hemat-kalium dan garam-pengganti yang mengandung kalium juga dapat menyebabkan kadar potasium yang tinggi.

Tindak lanjut kalium rendah
Biasanya dokter merekomendasikan dosis tertentu untuk suplementasi kalium dan mengatur pengambilan kadar darah 2-3 hari kemudian.

Dokter mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke diuretik hemat-kalium (pil air) jika pasien perlu terus minum diuretik karena adanya kondisi kesehatan lain.

Pencegahan kalium rendah
Perubahan dalam diet mungkin direkomendasikan jika pasien cenderung mengalami kadar potasium rendah. Contoh makanan tinggi potasium meliputi:

  • Pisang
  • Tomat
  • Jeruk
Baca Juga:  Ketidakseimbangan Elektrolit - Kalsium dan Bikarbonat

Jangan terlalu sering menggunakan diuretik (pil air), dan jangan pernah menggunakan obat orang lain.

Jika orang tersebut dalam pengobatan tertentu, tanyakan kepada dokter seberapa sering kadar elektrolit perlu diperiksa.

Prognosis hipokalemia
Kondisi kalium rendah bisa diobati. Alasan untuk potasium rendah harus dicari, atau kemungkinan besar akan terulang kembali. Dengan terapi yang tepat, biasanya tidak ada masalah lebih lanjut.