Gangguan Pendengaran – Pengobatan, Pencegahan, dan Pemeliharaan Telinga

ktersehat-gangguan-pendengaran

Pengobatan gangguan pendengaran bergantung pada jenis dan sumber gangguan pendengaran. Pembedahan dapat menyembuhkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh otosklerosis, jaringan parut, atau infeksi sementara penyakit Ménière. Sementara untuk gangguan pendengaran yang disebabkan oleh infeksi dapat diobati dengan antibiotik.

Jika Anda berpikir kehilangan pendengaran Anda berasal dari penggunaan obat, konsultasikan dengan dokter Anda tentang pilihan obat alternatif. Perawatan medis yang cepat untuk gangguan pendengaran mendadak dapat meningkatkan kemungkinan pemulihan.

Orang dengan gangguan pendengaran permanen perlu belajar bagaimana memanfaatkan pendengaran yang dimilikinya. Kebanyakan orang dengan gangguan pendengaran permanen bisa dibantu dengan alat bantu dengar, namun hanya satu dari lima orang yang memenuhi syarat menggunakannya.

Alat bantu dengar adalah sebuah alat kecil yang biasanya dipakai di depan atau di belakang telinga untuk membuat suara lebih keras. Jadi, penting untuk mengkonsultasikan dengan dokter tentang penggunaannya.

Selain itu, Anda bisa menggunakan implan koklea. Meski bisa alat bantu dengar bisa digunakan untuk orang-orang yang lebih muda, tetapi penggunaannya lebih sering untuk mereka yang lanjut usia dengan gangguan pendengaran yang sangat berat.

Pencegahan Gangguan Pendengaran

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena gangguan pendengaran, diantaranya:

  • Menghindari kegiatan yang berisiko mencederai indra pendengaran, seperti mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras.
  • Lindungi telinga saat berada di lingkungan yang berisik.
  • Jangan memasukkan benda ke dalam telinga anak-anak, termasuk jari, cotton bud, dan tisu.
  • Menguji indra pendengaran secara berkala jika sering terpapar suara keras saat bekerja.
  • Gunakan headphone yang bisa menahan masuknya suara luar saat mendengarkan musik dengan headphone, sehingga volume suara tidak perlu terlalu besar.

Hidup dengan Gangguan Pendengaran

Anda dapat bekerja dengan keluarga dan teman-teman untuk membangun kembali komunikasi dua arah. Sebagai permulaan, atur rumah Anda untuk memudahkan menjangkau sesuatu yang penting. Kemudian, biarkan orang lain tahu beberapa hal yang bisa mereka lakukan untuk membantu Anda memahami sesuatu lebih baik:

  • Pastikan mereka memperhatikan Anda sebelum mereka mulai berbicara.
  • Pastikan Anda dapat melihat bibir mereka bergerak ketika mereka berbicara.
  • Berbicara dengan jelas tapi tidak berteriak.

Merawat Telinga dengan Baik

Dengan begitu banyak kasus gangguan pendengaran yang tidak dapat diobati, pencegahan adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan pendengaran sehat jangka panjang. Jangan lupa kenakan penutup telinga bila Anda sedang menggunakan mesin pemotong rumput, vacuum cleaner, alat bor atau alat-alat yang menimbulkan kebisingan.

Jika Anda bekerja di tempat yang bising, bicaralah dengan atasan Anda tentang kesehatan telinga. Kesehatan dan keamanan di tempat kerja mengharuskan perusahaan untuk membuat suatu dinding penghalang atau alat khusus untuk melindungi pendengaran para pekerja. Gangguan pendengaran seringkali bersifat permanen, sehingga pencegahan untuk telinga adalah cara paling tepat untuk melindungi indra pendengaran Anda yang paling berharga.

 

Gangguan Pendengaran: 1 2 3 4