Kejang pada Anak – Pengobatan, Pencegahan, dan Prognosis

Pengobatan anak dengan kejang berbeda dengan pengobatan untuk orang dewasa. Kecuali ditemukan penyebab tertentu, kebanyakan anak dengan kejang pertama kali tidak akan diberikan obat.

doktersehat-anak-sakit-panas-demam

Alasan penting untuk tidak memulai pengobatan:

  • Selama kunjungan pertama, banyak dokter tidak bisa memastikan apakah kondisi tersebut adalah benar kejang atau sesuatu yang lain.
  • Banyak obat kejang memiliki efek samping termasuk kerusakan pada hati atau gigi anak Anda.
  • Banyak anak hanya memiliki satu kali kejang, atau beberapa kali kejang saja.
  • Jika obat dimulai:
    • Dokter akan mengikuti tingkat obat, sehingga anak akan sering memerlukan tes darah, dan akan mengamati secara seksama efek sampingnya. Seringkali, butuh waktu beberapa minggu sampai berbulan-bulan untuk menyesuaikan pengobatan, dan terkadang lebih dari satu obat diperlukan.
    • Jika anak Anda memiliki status epileptikus, anak akan diperlakukan sangat agresif dengan obat antikejang, dirawat di unit perawatan intensif, dan mungkin akan dibantu dengan mesin pernapasan.

Cara mencegah kejang pada anak
Kebanyakan kejang tidak bisa dicegah. Ada beberapa pengecualian, tapi ini sangat sulit dikendalikan, seperti trauma kepala dan infeksi selama kehamilan.

  • Anak-anak yang diketahui memiliki kejang demam harus memiliki demam yang terkontrol dengan baik saat sakit.
  • Peran terbesar yang dapat dilakukan kita adalah mencegah cedera lebih lanjut jika terjadi kejang.
  • Anak dapat berpartisipasi dalam sebagian besar aktivitas seperti anak-anak lain. Orangtua dan pengasuh lainnya harus menyadari langkah-langkah keselamatan tambahan, seperti memiliki orang dewasa di sekitar anak jika anak berenang atau berpartisipasi dalam aktivitas lain yang dapat mengakibatkan bahaya jika terjadi kejang.
  • Satu area umum untuk ditambahkan hati-hati adalah di kamar mandi. Shower lebih disukai karena mengurangi risiko tenggelam lebih banyak dari pada bak mandi.
Baca Juga:  Kejang pada Anak - Penjelasan Kejang Demam dan Serangan Kejang

Apa itu prognosis kejang pada anak?
Prognosis untuk anak-anak dengan kejang bergantung pada jenis kejang. Kebanyakan anak-anak dapat baik, dapat mengikuti sekolah biasa, dan tidak memiliki keterbatasan. Pengecualian terjadi pada anak-anak yang memiliki gangguan perkembangan lainnya seperti cerebral palsy dan pada anak-anak dengan kejang neonatal dan kejang infantil. Penting untuk berbicara dengan dokter anak Anda tentang apa yang diharapkan bersama anak Anda.

  • Banyak anak dapat “mengatasi” kejang ketika otak matang. Jika beberapa tahun berlalu tanpa kejang, dokter sering menghentikan pengobatan anak-anak dan melihat apakah anak tersebut telah melampaui masa kejangnya.
  • Kejang pada umumnya tidak berbahaya kecuali jika terjadi cedera atau status epileptikus terjadi. Anak-anak yang mengalami status epileptikus berisiko rendah meninggal akibat kejang yang berkepanjangan.
  • Anak-anak dengan kejang demam dapat reda, biasanya di atas usia 6 tahun, tapi mereka masih akan sering mengalami kejang berulang-ulang saat mereka mengalami demam. Beberapa anak dengan kejang demam dapat melanjut mengalami epilepsi, namun kebanyakan dokter percaya bahwa epilepsi bukan disebabkan oleh kejang demamnya.