Heat Stroke – Pengobatan, Pencegahan, dan Prognosis

doktersehat-minum-air-botol

Perawatan segera dari sengatan panas adalah pendinginan tubuh; Saat ini metode pendinginan yang disukai adalah penguapan pendinginan dengan menyemprotkan pasien dengan air dingin atau menutupinya dengan lembaran kain yang direndam air dingin, dan menggunakan kipas angin untuk meningkatkan pendinginan evaporatif. Teori lain merekomendasikan pendinginan tambahan dengan meletakkan bungkusan es di kepala, leher, ketiak, dan selangkangan.

Selain itu, benzodiazepin dapat diberikan untuk mencegah menggigil. Seringkali pasien mengalami dehidrasi sehingga cairan infus diberikan. Tujuannya adalah untuk mencapai suhu inti (suhu yang diambil dari rektal dengan pembacaan konstan) di bawah 102,20F atau 390C. Kerangka waktu yang ideal untuk mencapai suhu ini kontroversial namun pada umumnya harus dicapai dalam waktu tercepat, idealnya selama 60 menit pertama. Selain itu, bantuan lanjut untuk bernafas, hipotensi, dan kejang mungkin diperlukan.

Pencegahan
Heat stroke dapat dicegah. Tindakan pencegahan sederhana bisa sangat efektif, antara lain:

  • Pakailah pakaian yang ringan, tipis, dan longgar
  • Tetap terhidrasi dengan baik, minum cukup cairan – jika Anda jarang buang air kecil atau urin terlalu kental atau berwarna kuning pekat. Anda memerlukan lebih banyak asupan cairan (hindari alkohol)
  • Hindari daerah dengan sinar matahari yang panas dan jangan duduk di dalam mobil yang diparkir (penyebab umum heat stroke pada anak-anak)
  • Hindari aktivitas berat di bagian terpanas hari ini
  • Beberapa obat (diuretik, stimulan, obat penenang, misalnya) dapat meningkatkan risiko heat stroke. Tanyakan kepada apoteker atau dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki peningkatan risiko karena obat Anda.
  • Jika Anda merasa kram otot atau merasa lemah, segera hentikan aktivitas dan dinginkan diri Anda sendiri.
  • Jika Anda bepergian atau pindah ke iklim yang panas, batasi aktivitas di luar ruangan selama beberapa hari atau lebih jika Anda memiliki faktor risiko yang meningkat untuk penyakit yang berhubungan dengan panas.

Prognosis
Dengan pengobatan yang cepat dan efektif, banyak orang akan pulih dengan sedikit atau tanpa masalah, walaupun beberapa orang mungkin menjadi lebih sensitif terhadap cuaca panas. Pemulihan awal memakan waktu sekitar 1-2 hari di rumah sakit; pemulihan akan berlangsung lebih lama jika kerusakan organ terdeteksi. Para ahli menyarankan bahwa pemulihan lengkap dari heat stroke dan pengaruhnya terhadap organ dalam mungkin memakan waktu 2 bulan sampai satu tahun. Namun, prognosisnya memburuk saat terjadi komplikasi organ. Otak dan organ lain (paru-paru, hati, ginjal) dapat rusak secara permanen, sehingga menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan seseorang. Kerusakan disebabkan oleh pembengkakan akibat pemanasan dan mekanisme lainnya, sehingga prognosis pada pasien yang mengalami kerusakan organ akibat pemanasan ini berkisar dari sedang hingga buruk.

Efek heat stroke pada hewan (misalnya, anjing dan kucing) serupa dengan manusia. Hubungi dokter hewan Anda untuk mendapatkan perawatan medis darurat dan untuk rincian lainnya yang spesifik untuk hewan peliharaan Anda.

Heat Stroke: 1 2 3 4