Pengobatan Pada Penyakit Kuning

DokterSehat.Com – Penyakit kuning sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu pada abad V sebelum masehi di babbilonia. Seorang tabib kuno, Hippocrates, menemukan bahwa penyakit kuning adalah penyakit menular sehingga dinamakan iterus infectiosa. Pada saat itu, penyakit kuning mewabah di kalangan prnduduk sipil dan serdadu.

14

penyebab

Penyakit kuning dapat disebabkan oleh virus. Virus merupakan penyebab hepatitis A,B,C,D,E,F, dan G. Disamping itu, Penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh bakteri, prasit, obat-obatan, bahan kimiaatau sintetis yang merusak hati, alkohol, gizi yang buruk, serta penyakit autommun, Virus hepatitis B lebih sering menjadikan penyakit kuning berlanjut menjadi menahun ini dampak jinak, dapat pula ganas atau berubah menjadi cirrhosis atau malah kanker hati. Lebih dari 80% kanker hati sekunder bermula dari pirus hepatitis B.

Gejala

Gejala sakit kuning mudah sekali terlihat oleh mata adalah adanya perubahan pada warna kulit tubuh dan warna putih mata yang terlihat menguning. Warna kuning ini disebabkan oleh kandungan bilirubin yang dalam tubuh melebihi kapasitas normal dan meningkat, jika bilirubin meningkat kemudian di bawa ke dalam organ hati sehingga menyebabkan terganggunya fungsi kerja dari organ hati. Gangguan tersebutlah yang menyebabkan sakit kuning yang ditandai perubahan warna kulit tubuh berwarna kuning termasuk bagian putih mata

Sakit Kuning juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang diakibatkan dari peningkatan bilirubin, seperti :

  • Hepatitis
  • Cirrhosis
  • Batu Empedu
  • Anemia tertentu
  • Malaria
  • Siphilis
  • Penyakit godgkin
  • Liver immatur pada bayi baru lahir

Diagnosis

Diagnosis penyakit kuning dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik yang sederhana misalnya melihat kulit, putih mata dan telapak tangan apakah menguning. Tapi diagnosis tidak berhenti di situ. Penyebab penyakit kuning perlu dicari tahu. Pada awal pemeriksaan, dokter akan mencoba mencari petunjuk melalui keterangan langsung dari pasien perihal gejala dan riwayat kesehatannya.

Baca Juga:  Kopi Bagus Untuk Melawan Penyakit Hati Manusia

Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, misalnya memeriksa adanya pembengkakan pada hati sebagai tanda-tanda hepatitis, atau memeriksa adanya pembengkakan pada kaki sebagai tanda-tanda sirosis.

Setelah petunjuk didapat, maka untuk benar-benar memastikan penyebab penyakit kuning, biasanya dokter dapat melakukan pemeriksaan atau tes lanjutan, seperti pemeriksaan darah, tes urin, biopsi hati, dan pemeriksaan melalui gambar.

Pengobatan

Pengobatan penyakit kuning tergantung kepada jenis penyakit kuning itu sendiri, penyebab, dan tingkat keparahannya. Diagnosis yang tepat akan membantu dokter dalam memberikan penanganan yang tepat pula.

Pencegahan penyakit kuning

Banyak kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning, salah satunya adalah hepatitis. Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan meminimalisasi risiko terkena kondisi tersebut.

Selain itu, berolahraga secara teratur, mengontrol konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan juga penting untuk diterapkan sebagai upaya mencegah penyakit kuning.