Gangguan Depresi Musiman – Pengobatan Mandiri dan Penanganan

Gangguan-Depresi-Musiman-doktersehat

Beberapa aktivitas atau perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah gangguan afektif musiman atau memperbaiki gejalanya:

  • Luangkan setidaknya 30 menit di luar rumah setiap hari.
  • Atur alarm pada lampu kamar tidur untuk bangun pagi.
  • Gunakan simulator fajar untuk fajar buatan yang lebih naturalistik.
  • Berjalanlah sehari-hari ke luar.
  • Tingkatkan pencahayaan dalam ruangan dengan lampu dan perlengkapan biasa.

Apa pengobatan untuk gangguan afektif musiman?
Terapi cahaya terang: Ini adalah paparan cahaya buatan yang terang, lebih terang dari pencahayaan rumah atau kantor biasa. Terapi cahaya terang mengurangi gejala sekitar dua pertiga orang dengan gangguan afektif musiman.

  • Produk terapi sinar terang tersedia untuk dijual dan memiliki berbagai biaya. Para ahli merekomendasikan cahaya sebesar 10.000 lux. Terapi cahaya terang juga telah terbukti efektif selama kehamilan. Hanya perangkat yang dapat menyaring gelombang ultraviolet berbahaya yang digunakan. Jenis perangkat meliputi panel cahaya atau kotak, selimut.
  • Sumber cahaya terang harus ditempatkan pada tingkat mata. Meski menatap sumber cahaya tidak disarankan, cahaya harus masuk mata jika sedang bekerja. (Paparan kulit sederhana tidak bekerja.) Alat terapi sinar terang yang disetujui seharusnya tidak membahayakan mata jika digunakan sesuai anjuran.
  • Kira-kira 30 menit terpapar 10.000 lux setiap hari sudah cukup untuk meredakan gejala pada kebanyakan orang. Yang lainnya membutuhkan pajanan yang lebih besar, selama 45 menit dua kali sehari. Anda mungkin memerlukan beberapa trial and error untuk menemukan jumlah yang tepat. Pakar kesehatan Anda akan membimbing Anda.

Terapi cahaya terang yang digunakan dengan benar memiliki sedikit efek samping. Beberapa orang telah melaporkan kelelahan mata, sakit kepala, kelelahan, mudah tersinggung, sensitif terhadap cahaya, atau ketidakmampuan tidur (hanya jika terapi digunakan di siang hari).

Obat tertentu membuat Anda lebih peka terhadap cahaya. Pastikan untuk memberi tahu profesional perawatan kesehatan Anda tentang semua obat yang Anda minum, termasuk obat bebas resep dan suplemen makanan.

Anda mungkin memperhatikan perbaikan gejala dalam beberapa hari, atau mungkin diperlukan selama tiga sampai empat minggu setelah memulai terapi.

Gangguan Depresi Musiman: 1 2 3
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik